10 Danau Unik di Dunia Yang Perlu Kamu Tahu

    0
    danau yang unik
    Cekungan air ternyata tak cuma berisi cairan masif semata, namun ada keunikan yang terkandung di dalamnya.

    Danau merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang ditempati oleh air. Karena lokasinya berada di daratan dan terpisah dari laut maupun sungai, danau memiliki keunikan sendiri dibanding kedua bentuk ekosistem perairan tersebut. Inilah sepuluh danau di seluruh dunia yang terbilang unik karena memiliki ciri khas masing-masing yang tidak dimiliki oleh perairan pada umumnya:

    1. Danau Plitvice di Kroasia, danau yang dihubungkan oleh enam belas air terjun yang spektakuler.

    Danau Plitvice merupakan sekumpulan danau yang terkoneksi oleh enam belas air terjun yang spektakuler. Lokasi sekumpulan danau ini berada di tengah hutan yang cukup terisolir, sehingga menjadi populasi bagi rusa, beruang, serigala, babi hutan, serta beberapa spesies burung yang langka. Keistimewaan kumpulan danau ini selain air terjun tadi, airnya mampu berubah-ubah warna dari hijau, abu-abu, hingga biru. Hal ini tergantung oleh kandungan mineral dan organisme yang ada dalam air dan sudut pencahayaan matahari yang menimpa air danau.

    2. Danau yang mendidih di Dominika

    Di Taman Nasional Morne Trois Pitons, Dominika terdapat sebuah danau yang airnya mengeluarkan semacam asap. Hal ini disebabkan oleh fumarol atau lubang yang ada di lapisan kerak bumi sehingga memunculkan gelembung-gelembung biru keabu-abuan di permukaan air serta berasap. Danau ini memiliki luas sekitar 60 meter.

    3. Red Lagoon di Bolivia

    red lagoon
    Danau Red Lagoon nan unik, warnanya merah dan putih.

    Red Lagoon merupakan danau yang terdiri dari dua warna, yakni airnya berwarna merah dan daratan di sekelilingnya yang berwarna putih. Warna merah ini disebabkan oleh sedimentasi dan pigmentasi alga. Sementara itu warna putih disebabkan oleh Sodium tetraborate decahydrate alias borax yang terbentuk secara alami. Danau ini terletak di sebelah barat daya Bolivia, dekat dengan perbatasan negara ini dengan Chile.

    4. Danau Wuhua Hai di China

    Danau Wuhua Hai atau dalam bahasa Indonesia berarti danau lima bunga merupakan penanda bahwa anda berada di Taman Nasional Jiuzhaigon, China. Danau ini diselimuti oleh beragam warna mulai dari turquoise, hijau kekuning-kuningan, hingga biru. Warna yang beraneka ragam ini disebabkan oleh ranting dan dahan pohon yang jatuh ke dasar danau, dan terlihat dengan jelas karena jernihnya air danau ini. Danau ini terletak di ketinggian 2472 meter diatas permukaan laut.

    5. Laut Mati di perbatasan Israel dan Yordania, sebuah titik terendah di bumi

    Laut Mati merupakan danau yang memiliki konsentrasi kadar garam yang cukup tinggi. Kandungan garamnya hampir 9 kali lebih banyak dibanding air laut secara umum. Konsentrasi garam yang cukup tinggi ini memungkinkan pengunjung bisa mengambang tanpa memakai alat bantu di permukaan air Laut Mati. Laut Mati memiliki lebar 18 kilometer dan panjang 67 kilometer. Sementara itu Laut Mati punya memiliki ketinggian 420 meter dibawah permukaan laut, sehingga pada beberapa titiknya merupakan titik terendah di bumi.

    6. Danau Baikal di Rusia, danau paling dalam dan tertua di dunia

    Danau Baikal terletak di selatan Siberia, Rusia, dan sering disebut sebagai ‘Blue Eye of Siberia’. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 1,637 meter sehingga merupakan danau terdalam di dunia. Danau yang dihuni oleh lebih dari 1.700 spesies binatang dan tumbuhan ini, yang dua pertiganya merupakan endemik danau ini, berusia 25 juta tahun, sehingga menyandang danau yang tertua di dunia.

    7. Danau Titicaca di perbatasan Bolivia dan Peru, danau tertinggi di dunia

    Danau Titicaca terletak di perbatasan antara Bolivia dan Peru. Danau ini memiliki air yang berasal dari curah hujan dan pencairan gletser dari dataran tinggi di sekitarnya. Yang unik dari danau ini adalah letaknya yang berada di 3,812 meter diatas permukaan laut, sehingga menjadikan danau ini sebagai danau yang paling tinggi di dunia yang bisa terakses dan dimanfaatkan secara komersial.

    8. Laut Kaspia di Rusia, danau terluas di dunia

    Laut Kaspia memiliki luas permukaan sekitar 394,299 kilometer persegi sehingga disebut sebagai danau yang paling luas di dunia. Luas danau ini bahkan tak terkalahkan oleh enam danau lain di urutan bawahnya.

    9. Danau Crater di Amerika Serikat, danau paling bersih di dunia

    Danau Crater berlokasi di Oregon. Danau ini terbentuk dari perpaduan kaldera di Pegunungan Mazama. Air yang menggenangi danau ini disebut-sebut sebagai yang terbersih dibanding danau lainnya di seluruh dunia.

    10. Danau Karachay di Rusia, tempat paling berpolusi di dunia

    Danau Karachay terletak di selatan pegunungan Ural dan menempati lokasi di sebelah barat Rusia. Sebutan sebagai titik paling berpolusi di seluruh dunia karena danau ini menjadi tempat pembuangan limbah radioaktif dari Mayak, sebuah fasilitas pengolahan dan pemrosesan kembali limbah nuklir, yang berlokasi di Ozyorsk sejak 1951.