9 Jenis Minuman Kopi Yang Mesti Kamu Coba

0
6
views
kopi
Macam-macam kopi yang bisa dinikmati. Kamu tahu apa saja?

Kopi menjadi katalis dalam pergaulan. Kedai-kedai kopi sering menjadi pencair suasana dari rutinitas kerja yang mungkin butuh kesegaran. Dan jika kamu menjadi penyuka kopi, yang tak bisa memulai pagi tanpa minuman yang satu ini, maka artikel ini mesti dibaca sampai tuntas.

Kamu boleh saja membeda-bedakan mana jenis kopi yang kamu suka, apakah robusta, arabica, atau liberika. Namun pilihan buat kamu yang tinggal di Indonesia, biasanya hanya robusta yang banyak sekali variannya di negeri ini, dan arabica yang biasanya dijadikan sebagai kopi luwak. Namun apapun jenis kopimu, ia akan tetap nikmat apabila sudah disuguhkan dalam segelas cangkir.

Nah, buat kamu yang sering bingung jika ditawari kopi apa di kedai-kedai kopi, maka artikel ini mudah-mudahan bisa memberimu referensi.

1. Espresso

kopi espresso

Siapa yang tak kenal dengan espresso? Biasanya kopi jenis ini dijadikan bahan untuk meracik jenis kopi yang lain. Namun banyak juga yang meminumnya secara langsung meski harus ditambahi air sedikit lagi sebab kadar kepekatannya sungguh luar biasa. Espresso adalah ‘perasan’ serbuk kopi yang diracik dengan sedikit air sehingga hanya bisa dibuat oleh mesin-mesin espresso.

2. Short Macchiato

Untuk yang tak suka dengan rasa pahit dari espresso, maka short macchiato menjadi pilihan yang bagus. Dalam jenis suguhan kopi yang satu ini, segelas espresso bakal ditambahkan dengan steamed milk. Susu yang telah diuapi dan biasanya menjadi busa ini akan ditambahkan sedikit saja diatas busa espresso. Jadi rasa pahit yang akan dikecap dalam espresso bisa ditawar oleh lembutnya susu tadi.

3. Café Latte

Café Latte boleh dibilang minuman yang paling umum dipesan di kedai kopi. Terlebih apabila pemilik kedai punya seseorang yang ahli membuat latte art di atas kopi tersebut. Namun pada dasarnya, jenis kopi ini merupakan kelanjutan dari short macchiato namun dalam jumlah steamed milk yang lebih banyak. Bahkan ada pula penambahan variasi dengan memberi rasa sirup karamel maupun coklat sebagai pemanis tambahan.

4. Café au Lait

Ya, kamu benar, sesuai namanya kopi ini berasal dari Perancis. Café au Lait tak beda jauh dengan Café Latte. Hanya saja alih-alih memakai espresso, Café au lait menggunakan kopi kental dan kuat hasil saringan French press kemudian dipanasi lagi. Persamaannya, keduanya sama-sama memakai steamed milk.

5. Cappuccino

Siapa yang susah membedakan antara café latte dan cappucino? Karena bentuknya hampir mirip, keduanya sering tertukar jika hanya melihat gambarnya saja. Cappuccino boleh dianggap sebagai saudara tua dari café latte. Namun cappuccino terbentuk dari double espresso, sehingga menimbulkan citarasa yang lebih pahit dari café latte.

6. Mocha

Kalau kamu sering mengonsumsi coklat hangat, atau apapun minuman yang mengadung coklat, maka mocha jelas menjadi pembuka yang bagus untuk mencicipi kopi. Mocha adalah campuran antara coklat dengan kopi, atau bisa disebut dengan kopi coklat. Pembuatannya, lagi-lagi, memakai espresso yang ditambahkan dengan serbuk coklat, dan ditambahkan dengan steamed milk.

7. Americano

Americano merupakan jenis minuman kopi yang paling banyak divariasikan namanya. Mungkin di kotamu banyak jenis minuman kopi ini. Namanya bisa jadi kopi saja. Sebab americano merupakan espresso yang sudah tak berbentuk espresso lagi karena sudah ditambahi air panas dengan kuantitas yang cukup. Namun yang pasti jika kamu menemukan jika ada sebuah kopi tanpa busa diatasnya, dan tanpa campuran apapun dengan rasa yang pahit, maka dialah americano.

8. Piccolo Latte

Café latte banyak saudaranya, dan salah satunya adalah piccolo latte. Perbedaan yang paling kentara dari keduanya, piccolo terbuat dari ristretto. Apa itu ristretto? Singkatnya, jika satu genggam serbuk kopi menghasilkan secangkir espresso, maka dari satu genggam itu hanya didapat sectengah cangkir ristretto. Nah, ristretto inilah yang kemudian dicampur dengan steamed milk. Namun karena ristretto kuantitasnya kecil, piccolo latte pun disuguhkan dalam gelas yang kecil saja. Dan disitulah orang-orang bisa dengan mudah membedakan antara café latte dan piccolo latte.

 

9. Caramel Macchiato

Buat penyuka manis, inilah kopi yang sangat cocok buat kamu. Caramel macchiato dibuat dengan foamed milk, ditambah dengan karamel dan espresso. Cita rasa manisnya memang benar-benar menghilangkan kesan bahwa inilah kopi. Tapi pilihan orang beda-beda bukan? Lantas kamu suka kopi yang mana?