Home Tips Buat Kamu Yang Pelupa, Lakukan 6 Teknik Ini dan Temukan Khasiatnya

Buat Kamu Yang Pelupa, Lakukan 6 Teknik Ini dan Temukan Khasiatnya

8 min read
0
0
743
cara agar tak mudah lupa

Lupa memang diciptakan Tuhan untuk menjadi sisi lemah manusia. Namun tiada ciptaan-Nya yang tak bermanfaat, begitu juga dengan lupa. Lupa menjadi sebab keringanan ibadah, dan menjadi alasan seseorang bisa lepas dari hukuman. Namun jika terjadi pada hal-hal yang kecil, misalnya lupa menaruh sesuatu, maka lupa tetap saja jadi biang kejengkelan.

Sebab ada begitu banyak dari kita, yang memiliki masalah dengan lupa ini. Contohnya saja lupa meletakkan kunci motor, sehingga pas berangkat ke sekolah, kampus, maupun ke tempat kerja, waktu kita diburu-buru demi sebatang kunci ini. Hal lainnya bisa terjadi pada ponsel, yang tak terhitung jumlahnya tergeletak entah dimana, dan kita lupa tempat pastinya. Saat dibutuhkan, ponsel ini diburu hingga ke liang terkecil dari sudut rumah kita. Menjengkelkan, bukan?

Lantas bagaimana caranya agar lupa ini tak datang lagi? Wow, nggak perlu banyak minum multivitamin meski cara ini kita butuhkan juga sekali-kali, apalagi sampai operasi otak biar punya pikiran super bak Profesor Charles Xavier. Nggak. Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan langkah-langkah kecil berikut ini.

Tarik Nafas dan Tetap Tenang Ketika Barang Yang Sedang Dibutuhkan Tak Ditemukan

Kebiasaan selalu membentuk ingatan. Makanya ketika kamu meletakkan sesuatu di tempat yang tak biasa, dan membiarkannya barang beberapa lama, dan pikiran kamu teralihkan. Otak akan melupakannya dan menganggap kalau barang itu ada di tempat yang biasa. Saat diambil, ternyata barang tersebut tidak ada disana. Kamu, dan kita semua tentu bakal panik.

Nah dalam kondisi panik inilah yang kamu perlukan adalah bersikap tenang. Sebab dengan ketenangan, pikiran kita akan terfokus untuk mengingat kembali barang tersebut ditaruh di mana.

Buat Asosiasi Gambar Alih-Alih Kata-kata agar Otak Kamu Mudah Mengingatnya

“Saya sedang merebus kentang coklat di panci merah. Mudah-mudahan nggak lupa,”
Ada berapa banyak yang sering menemui masakannya gosong akibat lupa mengangkatnya? Ya, banyak. Kebanyakan orang mengingat kalau ia sedang memasak adalah dengan mengucapkan “saya sedang memasak”. Tidak salah juga sih, tapi kalau cara itu masih belum mempan, ganti dengan cara yang lain.

Otak lebih mudah mengingat gambar dibanding kata-kata dan angka. Sebab visualisasi gambar lebih mudah menempel di memori ketimbang kode-kode angka dan huruf. Oleh karenanya untuk kondisi memasak kentang di atas, cobalah ingat-ingat warna kentang yang coklat dan panci yang merah. Setidaknya gambaran tersebut bisa membuat otak mudah mengingat kalau kamu sedang memasak.

Mengulang-Ulang Sesuatu Yang Diingat Dengan Nyanyian

Dalam metode belajar klasik, guru-guru di sekolah dasar sering menganjurkan agar mengakomodasi materi pelajaran ke dalam nyanyian. Tujuannya agar otak lebih mudah mengingat kata-kata itu, sebab nyanyian lebih mudah diingat di alam bawah sadar.

Menguatkan Ingatan Terhadap Nama dengan Benda-Benda Yang Terkait Dengannya

Pernahkan kamu merasa malu sebab kamu lupa nama seseorang yang pernah kamu kenal? Kamu memang tidak sendiri, sebab mengingat nama memang sangat susah. Kecuali pemilik nama itu punya ciri khas yang membuatnya mudah diingat.

Katakanlah namanya Toni. Kalau sepanjang waktu kamu mengenalnya hanya mengingat namanya saja, suatu saat kamu pun akan melupakannya. Sebab otak manusia punya kapasitas. Ada banyak nama-nama baru yang mesti kamu ingat juga. Dan jika Toni punya ciri khas yang, misalnya rambutnya keriting, maka kita akan mudah memanggil ingatan keriting tersebut dan mengasosiasikannya dengan Toni.

Buat Tempat atau Tanda Yang Khusus untuk Barang-Barang yang Mudah Hilang

Kalau kamu betul-betul punya masalah lupa semacam ini, maka cobalah buat tanda-tanda tertentu. Misalnya untuk menaruh kunci motor, kamu mesti menaruhnya di atas kulkas. Sesibuk apapun, setidakbisa bagaimanapun, di atas kulkas harus menjadi tempat menaruh kunci motor.

Begitu juga dengan dokumen penting. Kamu mesti memberikan tanda-tanda khusus, misalnya ditaruh di map yang terang agar mudah dikenali ketika kamu terlupa menaruhnya. Dan masih banyak cara-cara yang semacam ini. Intinya cara ini menjadi semacam pembiasaan agar kamu tak mudah kelupaan sesuatu, dan jikapun lupa kamu sudah tahu harus mencarinya kemana.

Mengucapkan Apalagi Menuliskan Kebiasaan Kita Sehari-Hari Menjadi Senjata Yang Berharga Bagi Ingatan Untuk Kembali

Ada sebab mengapa kita mudah melupakan nomor telepon seseorang. Sebab pada masa ponsel semakin canggih, penyimpanan telepon hanya dilakukan dengan cara copy-paste. Sehingga angka-angka telepon itu tak terekam sama sekali oleh otak.

Beda dengan jaman orang tua kalian dulu, dimana kalau ingin mencatat nomor telepon, ya mereka betul-betul mencatatnya di buku telepon. Angka per angka beserta nama pemiliknya. Dan setelah ditulis, ia menyebutkannya lagi, membacakannya ulang agar tidak keliru.

Dan cara inilah yang membantu otak untuk mengingat sesuatu. Sehingga ketika kamu betul-betul punya masalah dengan lupa, maka cobalah menyebutkan beberapa aktivitas kamu yang penting, dan upayakan juga untuk mencatatnya.

Nah, coba lakukan keenam langkah tersebut dengan cara kamu sendiri. Sebab dibanding merasa jengkel mencari sebuah barang, lebih baik bertahap menjaganya agar tidak sampai hilang.

Load More Related Articles
Load More By BesokLusa
Load More In Tips

Leave a Reply

Check Also

Panduan Memahami Film-Film Marvel Cinematic Universe, Biar Kamu Enggak Gagal Paham

Belum ada yang menyangkal hingga detik ini, kalau Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah c…