Home Perempuan 9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat, Perempuan Wajib Coba

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat, Perempuan Wajib Coba

8 min read
0
1
buah delima

Polusi dan sinar matahari yang selalu menyengat tiap hari, membuat kulit jadi kusam dan tak sehat lagi. Faktornya memang tak cuma itu saja, bisa jadi penuaan, atau malah makanan yang dikonsumsi setiap hari tidak mendukung peremajaan kulit.

Meski usia kamu masih remaja, atau belum tua-tua banget, sehingga sel-sel peremajaan kulit bisa diproduksi sendiri, kondisi lingkungan yang punya tingkat polusi tinggi bakal menyulitkan sel-sel tadi untuk tumbuh. Bahasa kerennya, lingkungan saat ini memiliki radikal bebas yang membuat kulit jadi sakit. Ketika orang menyebut radikal bebas, biasanya bakal disebut juga anti-tesisnya, yakni anti-oksidan.

Dilihat dari namanya, anti-oksidan berguna untuk meredam oksidasi yang terjadi pada bagian tubuh manusia terutama kulit. Kulit paling mudah terkena oksidasi sebab letaknya berada paling luar dan langsung terkena zat-zat radikal bebas. Radikal bebas ini cukup berbahaya, sebab ia menjadi pemicu kanker dan penyakit lainnya pada tubuh manusia terutama kulit.

Anti-oksidan lazim digunakan sejak lama untuk melawan radikal bebas tadi. Zat yang terkandung dalam makanan tertentu ini bisa mencegah oksidasi yang menyerang tubuh yang diakibatkan radikal bebas.

Kabar baiknya, dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung anti-oksidan memungkinkan kulit jadi sehat dan tentu saja terlihat lebih cerah dan segar. Tapi makanan apa sajakah yang bisa dengan mudah didapat dan pastinya harganya terjangkau?

Dari beberapa sumber, inilah sembilan makanan yang mengandung anti-oksidan dan bisa dengan mudah didapatkan di tanah air.

1. Delima, buah pekarangan yang terlupa

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat

Pada jaman dulu, delima sepertinya menjadi tumbuhan di pekarangan yang terabaikan. Namun setelah banyak sirup luar negeri dengan rasa pomegranate beredar di tanah air, buah delima tiba-tiba banyak dicari. Ya, pomegranate adalah delima dalam bahasa Indonesia.

Buah delima ini mengandung polifenol yang berfungsi untuk melindungi sel dari oksidasi. Tak hanya itu, polifenol dalam delima pun bisa membantu tubuh dalam memproduksi kolagen sehingga kulit terbebas dari keriput.

2. Bawang Putih, bumbu dapur nan ajaib

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat

Kamu tahu psoriasis? Itu loh tanda hitam di kulit yang mirip dengan belang. Kim Kardashian pernah menderita psoriasis, sehingga penyakit ini cukup terkenal pada waktu itu. Kabar baiknya buat yang tak ingin terserang psoriasis, silakan konsumsi bawang putih secukupnya.

Bawang putih bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas yang menyerang kulit. Tak hanya itu, bawang putih pun berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang dan detoksifikasi tubuh.

3. Brokoli, sayuran hijau kaya manfaat

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat

Sayuran ini mengandung anti-oksidan glukorafanin yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan radiasi ultra-violet. Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur, paparan sinar matahari yang kurang baik, yang menjadi sebab 80 % kerutan-kerutan di kulit, ketidakseimbangan produksi kolagen, dan kelenturan kulit, akan bisa dihindari secara optimal.

Brokoli juga mengandung anti-imflamasi yang bisa membantu mencegah peradangan di kulit. Dan tak cuma itu, ketika mengonsumsi brokoli, tubuh bakal mendapatkan asupan makanan untuk mencegah kolesterol, penambahan kalsium tulang, dan lainnya.

4. Semangka, buah segar yang banyak khasiat

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat

Meski menjadi buah kelas bawah, semangka diketahui mengandung anti-oksidan lycopene dan vitamin A yang bermanfaat dalam produksi sebum. Sebum ini merupakan senyawa hidrasi yang membuat kulit tetap lembab dan sehat. Semangka juga bermanfaat untuk mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan merendahkan resiko inflamasi. Nah, semangka memang menyehatkan ya, apalagi dimakan pas musim panas.

5. Coklat, si pahit yang menghangatkan

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat

Coklat yang dimaksud tentu saja coklat yang berwarna sesuai dengan warna alaminya, yakni coklat. Dalam satu gigitan coklat, terkandung banyak sekali zat yang dibutuhkan tubuh. Kandungannya antara lain serat, zat besi dan mineral. Tak cuma itu, coklat juga mengandung polifenol, flavanol, dan katekin. Tiga kandungan ini sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet.

6. Anggur Merah, buah mungil yang bergizi

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat

Anggur merah mengandung senyawa resveratrol dan fitoaleksin yang mampu mencegah secara kimiawi kerusakan kulit akibat radikal bebas.

7. Apel, si merah yang luar biasa

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat

Kandungan apel memang cukup banyak, terlebih serat, vitamin C, dan anti-oksidan dalam setiap butirnya. Efek kandungan tersebut pada kulit sangat luar biasa bermanfaat. Namun manfaat apel bagi tubuh juga terbilang dahsyat, sebab mencegah darah tinggi dan kanker.

8. Tomat, sayuran penyegar yang mantap di kulit

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat

Tomat punya lycopene yang berfungsi mencegah kerutan-kerutan di kulit, serta mengurangi resiko kanker kulit. Sebab kandungan airnya yang lumayan banyak membuat tubuh menyerap dan mengedarkannya hingga kulit. Selain lycopene, tomat juga mengandung beta-karotin, asam klorogenik, dan naringenin, yang seluruhnya merupakan anti-oksidan yang sangat kuat.

9. Teh Hijau, daun yang sangat populer

9 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Cerah dan Sehat

Baiklah, ini bukan makanan, tapi minuman. Hanya saja, sebelum diseduh, teh hijau merupakan makanan juga yang penyajiannya bisa jadi tidak hanya dalam bentuk minuman semata. Kandungan anti-oksidan teh hijau memang sudah terkenal sekali. Teh hijau memiliki EGCG (epigallotcatechin-3-gallate) yang menjadi senyawa paling kuat dalam menghambat radikal bebas.

Itu dia sembilan makanan yang bisa membuat kulit jadi sehat dan tampak bercahaya. Tapi, bukan berarti setelah makan satu apel, kemudian efeknya langsung terlihat. Ini butuh proses dan ketekunan yang hasilnya akan terlihat seiring waktu berjalan.

Load More Related Articles
Load More By BesokLusa
Load More In Perempuan

Leave a Reply

Check Also

Empat Hal Yang Mesti Dipertimbangakan Sebelum Ikut Tes CPNS

Tahun 2017, 61 instansi pemerintahan membuka lowongan pekerjaan. Tentu bukan sembarang low…