Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bill Gates memang otak dibalik kesuksesan Microsoft. Tidak ada yang meragukan kejeniusan pria kelahiran Seattle, Amerika Serikat 61 tahun silam ini. Namun ada yang lebih membuat kita seharusnya berdecak kagum terhadap suami dari Melinda Gates ini, atau bahkan merinding, sebab prediksinya pada tahun 1999 terkait kondisi kekinian sungguh presisi, akurat sekali.

Ia seperti meletakkan tangannya di bola kristal, kemudian menulis sebuah buku yang kemudian diterbitkan pada tahun 1999 yang berjudul Business @ the Speed of Thought. Di buku inilah kita bisa membaca buah pikirnya pada 18 tahun silam, yang begitu akurat.

Sebenarnya ada 15 poin yang ia prediksi, dan inilah enam diantaranya:

Perangkat mobile yang komprehensif

Bill Gates mengatakan bahwa orang-orang akan membawa perangkat yang cukup kecil. Dan lewat benda itu, kata Bill Gates, orang-orang melakukan aktivitasnya secara elektronik dan tetap terhubung. Mereka akan membaca berita, mengecek dan melakukan booking penerbangan, melihat informasi pasar, dan lainnya hanya dengan perangkat itu.

Dan kini kita tahu ada jutaan perangkat bernama ponsel pintar yang diproduksi sepanjang tahunnya. Perangkat yang memang persis seperti gambaran Bill Gates saat itu.

Munculnya media sosial

Tahun 1999 memang sudah ada situs internet. Tapi media sosial pertama baru muncul 2 tahun setelah buku Bill Gates ini terbit. Ya, dialah Friends Reunited. Sebuah gambaran tentang situs pribadi yang bakal menghubungkan antar anggota keluarga, teman, dan rekan kerja tanpa dibatasi oleh jarak.

Meski Friends Reunited telah bangkrut tahun kemarin, namun kita melihat betapa digdayanya Facebook dan disusul banyak media sosial lainnya yang secara silih berganti membuktikan akuratnya ramalan Bill Gates.

Situs perbandingan harga

Silakan sebut saja ada berapa situs perbandingan harga yang kamu ketahui ketika berselancar di internet. Nggak usah jauh-jauh mencarinya di situs berbahasa Inggris, sebab di Indonesia pun situs ini banyak sekali.

Pembayaran online dan internet banking

Inilah yang menjadikan internet begitu bermanfaat dalam kehidupan manusia. Orang-orang tak perlu lagi terhalangi jarak untuk melakukan kegiatan ekonomi, sebab lewat internet, semuanya bisa dilaksanakan dengan mudah dan efisien.

Asisten pribadi dan interkonektivitas

Sejak beberapa tahun ke belakang, raksasa di industri teknologi sedang berlomba-lomba menciptakan kecerdasan buatan. Tujuannya, kata mereka, untuk memudahkan kinerja manusia. Ya, kecerdasan buatan ini kelak bakal membantu tugas-tugas manusia, dan mengoneksikan berbagai macam perangkat untuk memudahkan kerja tersebut.

Pemantauan rumah secara online

Internet of things telah mewujudkan hal ini. Apalagi ketika kecerdasan buatan yang sedang dikembangkan sudah dipasarkan secara luas, maka pemantauan ini bakal semakin canggih. Dan tentu saja ramalan Bill Gates terbukti lagi.

Periklanan pintar

Perubahan algoritma Google, Facebook, dan perusahaan internet lain merupakan salah satu cara dalam mewujudkan periklanan ini. Sistem periklanan yang benar-benar menargetkan pengunjung internet secara tepat sudah dimulai.

Ada tautan situs ketika televisi sedang siaran

Bill Gates meramalkan bahwa bakal ada siaran televisi yang akan mereferensikan situs-situs internet dan konten yang berhubungan dengan apa yang sdang ditonton. Apakah ini sudah terjadi? Tentu saja.

Komunitas online berbasis daya tarik

Saat ini memang ada begitu banyak komunitas online yang didasari oleh daya tarik. Situs bukan hanya domain perusahaan besar saja, bahkan setiap komunitas kecil yang bergerak di bidang tertentu punya situsnya sendiri, atau menumpang di situs orang lain namun punya label sendiri.

Sebenarnya ada 15 poin, namun selebihnya berbicara sesuai judul bukunya, yakni bisnis. Dan tentu saja, enam poin sisanya pun terbukti akurat. Jadi, apakah Bill Gates punya mesin waktu yang mampu melihat masa depan?

Akurat! Prediksi Bill Gates 20 Tahun Lalu Ini Bikin Merinding