Rini Novita Sari
Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Sempat menjabat menjadi Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta dari tahun 2017 sampai 2022, Anies Baswedan berhasil menghasilkan karya pemerintahan yang berhasil. Keberhasilan Anies dalam mengelola kota Jakarta diceritakannya kembali dalam kesempatan wawancara dalam program Kick Andy di Metro TV Minggu (18/6).

Anies Baswedan yang akan menjadi calon presiden Indonesia di pemilu 2024 berbagi kisah bahwa selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia bersyukur karena mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Benar saja, mengingat di masa jabatannya kala itu Jakarta sedang diterpa oleh pandemi Covid-19.

Apabila menilik kembali ke belakang di masa jabatannya, Anies Baswedan telah berhasil melakukan berbagai program yang sukses dijalankan. Sekaligus juga langkahnya dalam menangani pandemi Covid-19 seperti berikut ini:

  • Menyelesaikan Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS)

Di masa kepemimpinannya, Anies berhasil menyelesaikan pembangunan JIS yang ada di Jakarta Utara. Dilansir dari Liputan6.com, proyek ini menghabiskan dana Rp 4,5 triliun dan berstandar internasional yang bisa dilihat dari material atap dengan membran Ethylene Tetrafluoroethylene.

  • Menyelenggarakan Formula E

Pada 4 Juni 2022, ajang balapan mobil listrik atau yang dikenal dengan Formula E diadakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Kesuksesan acara ini termasuk dalam rangkaian acara Jakarta Hajatan yang membuat Anies banggka karena berhasil mengharumkan nama baik ibu kota Indonesia ke mancanegara.

  • Membangun Sumur Resapan

Anies juga berbagi kisah dalam pembangunan sumur resapan yang ditujukan untuk menanggulangi banjir. Menurutnya pembangunan sumur resapan ini berfungsi untuk membuat air masuk ke dalam tanah.

Mengingat karakter tanah di Jakarta tidak semuanya bisa menyerap air maka dibutuhkan sumur resapan sebagai sedotan ke sungai terdekat. Sudah ada ratusan sumur resapan yang sampai saat ini berfungsi dengan baik.

  • Membangun Jalur Sepeda

Kisah menarik dari kepemimpinan Anies Baswedan adalah pembangunan jalur sepeda. Anies sendiri menargetkan agar jalur sepeda ini tersedia 535,68 km hingga tahun 2026 di Jakarta.

Sampai pada masa akhir kepemimpinannya, Anies berhasil membangun 105 km jalur sepeda yang diproyeksikan akan terus bertambah sampai 300 km hingga akhir 2022.

  • Merilis Aplikasi Jakarta Kini (JAKI)

Pada waktu pandemi Covid -19 mulai muncul, Anies juga meluncurkan aplikasi Jakarta Kini yang menjadi pusat informasi untuk menangani Covid-19 di ibukota. Menurutnya JAKI adalah pencapaian non fisik yang sangat besar sebagai layanan publik.

Mengingat aplikasi ini bisa digunakan untuk memberikan aduan, informasi vaksinasi dan masih banyak lagi. Cukup banyak masyarakat yang terbantu dengan hadirnya JAKI ini.

Sangat banyak pengalaman Anies Baswedan dalam mengelola kota Jakarta yang masih bisa disimak lebih lanjut. Kisahnya bisa ditonton langsung melalui wawancara dengan Andy F Noya di Anies Cerita Pengalaman Mengesankan Selama Mengurus Jakarta #kickandy.

Anies Baswedan Berbagi Kisah Pengalamannya Mengelola Kota Jakarta