Home Lifestyle Wajib Tahu, Barang-Barang Sehari-Hari Ini Ternyata Punya Masa Kadaluarsa

Wajib Tahu, Barang-Barang Sehari-Hari Ini Ternyata Punya Masa Kadaluarsa

5 min read
0
0
95

Barang-barang yang dipakai sehari-hari tampak kuat dan sangat awet. Mereka sepertinya bisa digunakan selamanya, sepanjang tak ada kerusakan yang menghilangkan fungsinya.

Tapi tahukah kamu, kalau barang-barang yang dipakai sehari-hari seperti sisir, sikat gigi, dan lain-lain punya masa kadaluarsa meskipun tak mengalami kerusakan.

Dikutip dari Bright Side, berikut ini beberapa barang sehari-hari yang memiliki masa kadaluarsa. Masa kadaluarsa ini bahkan lebih pendek daripada yang pernah terduga sebelumnya. Yuk, simak daftarnya.

Sepatu Olahraga

Sepatu olahraga, terutama dibuat oleh brand ternama, memang memiliki ketahanan yang mengagumkan. Mereka tahan terhadap hujan, panas, debu, serta kontak fisik ketika olahraga berlangsung. Namun sepatu olahraga ini ternyata mesti diganti setelah menempuh jarak 400 km atau setidaknya pernah dipakai setelah enam bulan untuk olahraga yang rutin.

Kantong Teh

Sifat teh yang memicu munculnya fermentasi membuat kantong teh tak bisa awet berlama-lama disimpan. Daun teh di dalam kantong itu akan mengubah kantongnya menjadi berbahaya untuk dikonsumsi. Ya, meskipun kantong teh itu tersimpan rapat di plastik. Segera konsumsi stok teh celup kamu sebelum masa penyimpanan enam bulan lamanya.

Sisir

Sisir memang tampak begitu kokoh. Namun setelah setahun sisir ini akan memicu kerusakan rambut dan mengakibatkan munculnya ketombe. Walaupun sisir ini sering dicuci dan dibersihkan, tapi tak berpengaruh terhadap usia pakai tersebut.

Bra

Biasanya, bra hanya bertahan dua tahun setelah pembelian. Hal ini disebabkan bentuknya tak lagi sama akibat peregangan bahan. Kalau sudah begini, pemakaian bra yang melebihi usia pakainya bisa mempengaruhi ‘isi’ di dalamnya.

Bantal

Seberapa sering kamu mengganti bantal? Satu tahun, dua tahun, atau belum pernah menggantinya? Hal ini memang sering disepelekan, apalagi kalau kamu sudah mencuci secara rutin sarungnya. Namun mengganti bantal ternyata besar pengaruhnya untuk kesehatan tidur. Sebab bantal menyimpan cukup banyak bakteri keringat, liur, dan mungkin debu yang mengendap kemudian terhidup ketika kamu tidur. Bantal mesti diganti setidaknya dua tahun sekali.

Selimut

Begitu juga dengan selimut. Meski terlihat masih bagus dan tak ada kerusakan yang berarti, selimut mesti diganti juga secara berkala. Namun masa pakainya lebih panjang dibandingkan dengan bantal. Selimut bisa diganti sekitar 7 tahun hingga 10 tahun apabila kamu rajin mencucinya.

Kasur

Sama halnya dengan selimut dan bantal. Kasur pun perlu diganti secara rutin sebab persis bantal, kasur juga bisa menyimpan keringat, air liur, dan debu yang terendap selama dipakai. Selain harus dibersihkan selama enam bulan sekali, kasur harus diganti dengan yang baru setiap 8 tahun sekali.

Talenan Kayu

Talenan kayu memang banyak disukai oleh ibu-ibu untuk alas memotong segala macam. Namun karena sifatnya mudah sekali menyerap air, mengakibatkan talenan sangat mudah menyimpan bakteri. Selain itu daya tahan talenan meski sering dibersihkan hanya disarankan dipakai selama tiga tahun saja.

Handuk

Handuk merupakan tempat yang sangat potensial sebagai sarang kuman. Meski dibersihkan secara rutin, sebaiknya kamu mencari handuk yang baru setelah tiga tahun.

Sikat dan Pasta Gigi

Sikat gigi akan berubah bentuknya setelah tiga bulan. Kondisi ini cukup berbahaya bagi gusi. Oleh karena itu gantilah sikat gigi setelah masa pakai tersebut. Namun untunglah pasta gigi bisa tahan lebih lama. Pasta gigi setelah dibuka mesti dihabiskan kurang dari setahun, kalau tidak zat-zat di dalamnya bakal berubah menjadi zat yang berpotensi membahayakan tubuh.

Load More Related Articles
Load More By BesokLusa
Load More In Lifestyle

Leave a Reply

Check Also

Panduan Memahami Film-Film Marvel Cinematic Universe, Biar Kamu Enggak Gagal Paham

Belum ada yang menyangkal hingga detik ini, kalau Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah c…