Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Jakarta International Stadium (JIS) telah menjadi sorotan publik menjelang Piala Dunia U-17 yang akan diselenggarakan di Indonesia. Salah satu isu yang mencuat adalah pernyataan bahwa JIS tidak memenuhi standar FIFA, yang menimbulkan keraguan terhadap kelayakan stadion tersebut sebagai tuan rumah acara olahraga internasional.

Namun, ada beberapa fakta penting yang perlu dipertimbangkan dalam mengatasi klaim bahwa JIS tidak memenuhi standar FIFA. Fakta-fakta ini akan membuktikan kesan adanya isu politik secara jelas.

Fakta-fakta JIS yang Membanggakan

Ada beberapa fakta menarik dari JIS yang sulit dibantah, dan bahkan menunjukkan bahwa JIS harusnya layak dibanggakan. Apa saja fakta-fakta tersebut?

Memiliki Kapasitas Mencapai 82 Ribu Penonton

JIS merupakan salah satu stadion terbesar di Indonesia dengan kapasitas 82 ribu penonton, hampir setara dengan stadion ternama seperti Santiago Bernabeu di Spanyol. Dalam hal kapasitas, JIS sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi tuan rumah acara sepak bola tingkat dunia.

Meraih MURI

JIS juga telah meraih penghargaan MURI dalam beberapa kategori, termasuk pengangkatan struktur atap stadion dengan bobot terberat di Asia. Hal ini menunjukkan kekuatan dan ketahanan konstruksi JIS yang sejalan dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA. 

Jadi, ada bukti konkret bahwa JIS memiliki kualitas yang tinggi dalam hal struktur dan keamanan.

Meraih Sertifikat Green Building 

JIS juga telah meraih sertifikasi platinum green building, menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan dan lingkungan yang ramah. JIS juga telah menerapkan berbagai fitur dan fasilitas yang sesuai dengan standar FIFA. Misalnya, stadion ini menggunakan sistem atap buka-tutup, yang memungkinkan penyesuaian terhadap kondisi cuaca dan kebutuhan acara. 

Transportasi Publik Lengkap

Terkait aksesibilitas, pemerintah dan pihak terkait telah melakukan upaya untuk meningkatkan layanan transportasi publik yang menuju ke JIS. Rute Transjakarta telah disediakan, dan pembangunan stasiun sedang berlangsung untuk mempermudah akses penonton. 

Hal ini menunjukkan bahwa langkah-langkah telah diambil untuk memenuhi persyaratan aksesibilitas yang diperlukan oleh FIFA.

Didesain oleh Desainer Stadion Tottenham Hotspur

Pernyataan bahwa JIS tidak memenuhi standar FIFA bisa dianggap kontroversial, terutama karena Buro Happold, konsultan yang bertanggung jawab atas desain stadion, adalah perusahaan yang juga terlibat dalam pembangunan Tottenham Hotspur Stadium di Inggris. 

Desain JIS mengikuti standar dan Pedoman Stadion FIFA yang sama dengan stadion ternama lainnya.

Rumput Sesuai Rekomendasi FIFA

Rumput yang digunakan di JIS sesuai dengan spesifikasi JIS adalah rumput hybrid yang merupakan kombinasi dari Zoysia Matrella (95%) dari Boyolali dan Sintetis Limonta (5%). 

Rumput Hybrid tersebut telah mendapatkan rekomendasi dari FIFA dan sama dengan rumput yang digunakan di Wanda Metropolitano (Atletico Madrid) dan Allianz Arena (Bayern Muenchen).

Rumor Negatif tentang JIS, Siapa yang Diuntungkan?

Penting untuk dicatat bahwa penilaian terhadap stadion oleh FIFA biasanya dilakukan sebelum acara dimulai. Oleh karena itu, pernyataan bahwa JIS tidak memenuhi standar FIFA sebelum penyelenggaraan Piala Dunia U-17 belum tentu akurat. Evaluasi terhadap stadion harus dilakukan secara objektif dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh FIFA.

Dalam konteks politik, penting untuk memisahkan isu-isu politik dengan penilaian teknis terhadap stadion. Pembangunan JIS melibatkan banyak pihak, termasuk desainer, kontraktor, dan pemerintah, yang bekerja keras untuk menciptakan fasilitas olahraga yang membanggakan. 

Oleh karena itu, isu politik tidak seharusnya menjadi faktor utama dalam menentukan apakah JIS memenuhi standar FIFA atau tidak.

Sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, Indonesia memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam menggelar acara olahraga internasional. Fokus haruslah pada persiapan yang matang, termasuk memastikan bahwa stadion memenuhi persyaratan FIFA yang relevan. 

Namun, penting juga untuk tidak memperbesar isu-isu politik yang mungkin mempengaruhi penilaian terhadap JIS.

Dalam situasi ini, kerja sama antara operator stadion, pemerintah, dan PSSI sangatlah penting. Semua pihak harus bekerja bersama untuk mengatasi setiap masalah yang mungkin muncul dan memastikan bahwa JIS memenuhi standar yang diperlukan.

Dalam rangka menyambut Piala Dunia U-17 dengan sukses, penting untuk tetap berfokus pada persiapan yang matang, peningkatan fasilitas, dan pemenuhan standar yang ditetapkan oleh FIFA. Dengan mengedepankan kerja sama, transparansi, dan upaya bersama, JIS dapat menjadi tempat yang luar biasa untuk menyaksikan pertandingan sepak bola tingkat dunia.

 

6 Fakta Menarik Tentang Jakarta International Stadium