Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Reksadana menjadi instrumen investasi favorit para investor pemula. Banyak orang memilih mengambil investasi Reksadana karena cara berinvestasinya cukup mudah. Dibanding jenis investasi lain, Reksadana jauh lebih praktis. Anda tinggal menanamkan modal dan ada manajer investasi yang akan mengelola dana Anda.

Alasan lain mengapa banyak orang berinvestasi Reksadana yakni karena risikonya lebih rendah dan ada banyak produk yang bisa dipilih. Apalagi saat ini investasi Reksadana bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya melalui mobile banking. Cara daftar mbanking dan penggunaannya pastinya Anda sudah tahu. Sejumlah mobile banking kini telah menghadirkan fitur investasi Reksadana.

Bahkan investasi Reksadana juga digandrungi oleh investor kawakan atau pemodal besar karena jenis investasi ini menawarkan berbagai keuntungan. Jika Anda seorang investor pemula, maka investasi Reksadana menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan keuangan. Lantas apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan saat berinvestasi Reksadana?

Keuntungan Investasi Reksadana

Dibanding jenis investasi lainnya, Reksadana memiliki berbagai kelebihan yang menguntungkan bagi investor. Itulah mengapa jenis investasi ini selalu ramai diminati baik oleh investor bermodal kecil maupun pemodal besar. Berikut ini sejumlah keuntungan yang ditawarkan oleh investasi Reksadana.

1. Biaya Terjangkau

Salah satu kelebihan dari investasi Reksadana adalah biayanya lebih terjangkau. Jika Anda ragu untuk memulai investasi karena berpikiran butuh dana besar, maka investasi Reksadana adalah solusinya. Berinvestasi Reksadana dapat Anda lakukan dengan modal yang kecil.

Anda bisa berinvestasi Reksadana dengan modal mulai dari Rp100.000. Dengan biaya yang relatif kecil, keuangan Anda tidak akan terganggu ketika memutuskan untuk berinvestasi Reksadana. Itulah mengapa investasi ini sangat cocok bagi pemula atau investor yang modalnya kecil.

2. Dikelola oleh Profesional

Dalam investasi Reksadana ada manajer investasi yang akan membantu mengelola dana Anda. Manajer investasi adalah pihak atau tim yang ahli di bidang investasi dan keuangan, serta telah memiliki izin dan diawasi oleh OJK. Manajer investasi akan memastikan modal dari investor bisa teralokasikan semaksimal mungkin untuk mendapatkan keuntungan.

Anda tinggal menyetorkan dana dan seluruh pengelolaan aset akan ditangani oleh manajer investasi, mulai dari menganalisis dan memilih instrumen investasi, membeli dan menjual aset investasi, hingga melaporkan hasil investasi. Dengan berinvestasi Reksadana, Anda tidak perlu ragu untuk memulai investasi meskipun wawasan Anda masih minim. Seiring berjalannya waktu Anda bisa belajar mengenai dunia investasi.

3. Proses Investasi Sangat Mudah

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Reksadana adalah proses investasinya sangat mudah. Saat ini sudah banyak platform digital yang menyediakan fitur investasi Reksadana. Tapi pastikan Anda memilih platform investasi yang aman dan telah diakui oleh OJK. Salah satu platform yang aman untuk investasi Reksadana adalah mobile banking.

Lewat mobile banking, Anda bisa berinvestasi dari manapun dan kapanpun cukup menggunakan smartphone. Selain itu, Anda juga bisa memantau aset investasi Anda secara mudah. Jadi Anda tidak perlu repot mengunjungi perusahaan investasi untuk mengajukan investasi Reksadana.

4. Mudah Diversifikasi

Keuntungan Investasi Reksadana untuk Meningkatkan Keuangan

Keuntungan lainnya bagi investor dalam investasi Reksadana adalah mudahnya diversifikasi. Diversifikasi adalah strategi untuk meningkatkan potensi keuntungan dan mengurangi risiko kerugian. Para pakar investasi selalu berpesan agar para investor tidak menaruh seluruh telurnya dalam satu keranjang yang sama.

Jadi sebaiknya Anda mengalokasikan modal Anda ke beberapa produk investasi yang berbeda. Misalnya Anda menaruh beberapa persen modal Anda di investasi pasar uang. Selain itu, Anda juga menanam modal di investasi obligasi, saham, dan pendapatan tetap. Namun Anda jangan melakukan diversifikasi secara berlebihan. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan risiko dan imbal hasil yang didapat.

5. Likuiditas

Investasi Reksadana juga menawarkan kelebihan dari segi likuiditas. Likuiditas dalam investasi Reksadana bersifat fleksibel atau sangat mudah. Investor bisa melakukan pembelian dan penjualan aset kapan saja sesuai keinginan. Proses pencairan dananya pun terbilang cepat. Berdasarkan peraturan, manajer investasi harus melakukan pembayaran dana pencairan dalam waktu maksimal tujuh hari kerja.

Berbeda dengan bentuk investasi lain yang memberlakukan waktu jatuh tempo untuk pencairan dana. Dengan likuiditas yang fleksibel dalam investasi Reksadana, Anda tidak perlu bingung ketika membutuhkan dana dalam waktu cepat. Anda bisa menjual aset dan mencairkan dana kapanpun.

6. Risiko Lebih Rendah

Reksadana juga menjadi solusi bagi orang-orang yang takut terhadap risiko investasi. Investasi Reksadana memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan instrumen lainnya. Dengan begitu, investor tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kerugian yang bisa menimpanya.

Jika ingin lebih aman dari risiko, pilihlah Reksadana pendapatan tetap dan Reksadana pasar uang. Namun konsekuensinya seperti pepatah “High return, high risk”. Dengan risiko yang lebih minim maka keuntungan yang diperoleh juga tidak terlalu besar. Itulah mengapa investasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan jangka menengah atau jangka panjang. Semakin lama masa investasi Anda, maka return yang diterima akan semakin maksimal.

Itulah sejumlah keuntungan yang akan dirasakan oleh investor saat berinvestasi Reksadana. Reksadana sangat cocok bagi pemula yang baru terjun di dunia investasi dan investor yang modalnya masih terbatas. Di sisi lain, investasi Reksadana tetap digandrungi oleh investor-investor besar karena adanya berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Menggunakan PermataMobile X untuk Investasi Reksadana

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan di atas pastinya Anda semakin yakin dan bersemangat untuk berinvestasi Reksadana. Tak perlu bingung untuk memulai investasi Reksadana. Anda bisa berinvestasi melalui mobile banking dan dengan modal yang terjangkau. Salah satu mobile banking terbaik yang menyediakan fitur investasi Reksadana adalah PermataMobile X.

PermataMobile X adalah mobile banking dari PermataBank untuk memudahkan keperluan transaksi di era digital. Mobile banking ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Cara daftar mbanking ini sangatlah mudah dan persyaratannya cukup sederhana.

Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mbanking PermataMobile X dan persyaratannya bisa Anda baca di laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

Keuntungan Investasi Reksadana untuk Meningkatkan Keuangan