Home Tips Buat Kamu Yang Sedang Kecanduan, Ini Yang Harus Dilakukan

Buat Kamu Yang Sedang Kecanduan, Ini Yang Harus Dilakukan

5 min read
0
0
cara menghilangkan kecanduan terhadap sesuatu

Kebanyakan orang sering susah untuk melepaskan diri dari sesuatu yang disenanginya. Jika itu baik, maka tak ada masalah. Namun bagaimana jika yang disenangi itu adalah sesuatu yang buruk? Istilah yang paling lumrah untuk menyebut kondisi terakhir ini adalah kecanduan.

Ketika seseorang kecanduan pada rokok, kopi, atau apapun saja yang membuat kondisi badannya tidak sehat, biasanya ada keinginan untuk berhenti mengonsumsinya. Sayangnya, faktor candu yang berada di aktivitas itu menghambat orang tersebut untuk berhenti.

Ada banyak orang yang berupaya dengan keras untuk berhenti. Misalnya dengan membuat sebuah resolusi dan berkomitmen untuk melepaskan diri dari benda candu itu. Namun tak sedikit yang gagal sebab rayuan candu lebih menggoda. Sehingga ada pula yang datang ke psikolog agar secara psikis ia bisa melepaskan diri dari candu yang membelenggu.

Ternyata, dengan langkah yang tepat, dibarengi dengan resolusi dan komitmen yang bagus, kecanduan akan sesuatu sebenarnya bisa diatasi. Asal langkah-langkahnya betul dan betul-betul komitmen untuk dijalankan. Bagaimana caranya?

Mengungkapkan pada orang terdekat akan semakin menguatkan tekad.

Kata para motivator, jika kita punya cita-cita, maka katakan dalam do’a dan ungkapkan pada orang-orang dekat, agar Tuhan mengabulkannya dan orang-orang dekat kita pun mendukungnya.

Hal ini pun berlaku dalam mengatasi kecanduan. Kita membutuhkan dukungan orang-orang terdekat, yang bisa dipercaya, setelah berdo’a kepada Tuhan agar kecanduan itu hilang. Sebabnya orang-orang terdekat itu selain bisa memberikan nasehat, juga bisa menguatkan komitmen kita untuk mengatasi kecanduan tadi.

Mengatasi kecanduan merupakan jalan panjang, butuh komitmen dan konsistensi.

Mengapa banyak orang frustasi dalam mengatasi kecanduannya? Sebab mereka banyak yang ingin cepat sembuh tanpa melewati proses. Padahal yang seharusnya mereka pahami adalah kecanduan tersebut merupakan proses yang telah berlangsung cukup lama juga di dalam tubuh.

Fisik dan emosi mereka terpengaruh dalam proses ketika mereka mengonsumsi atau menjalani aktivitas yang membuat mereka jadi kecanduan. Sehingga untuk mengembalikan kepada kondisi normal pun dibutuhkan sebuah proses yang panjang pula.

Fisik pun perlu dijaga dengan berolahraga.

Selain menjaga kebugaran fisik, berolahraga pun membantu mendisiplinkan mental. Ada kemungkinan badan yang sudah mengalami kecanduan akan melawan untuk melakukan olahraga, yang dalam bahasa kekinian disebut mager (malas gerak). Tapi ketika komitmennya sudah kuat, maka berolahraga wajib untuk dilakukan.

Selalu mengisi waktu dengan kegiatan positif.

Ini bukan hanya soal olahraga tadi. Ini lebih kepada mengisi waktu luang agar terisi dengan kegiatan nan positif. Misalnya pada hari minggu kita isi dengan mengikuti ceramah agama, bakti sosial, kerja bakti di lingkungan, dan lainnya. Atau kita bisa menekuni hobi positif untuk mengisi waktu luang ini. Jika kita dalam kondisi jomblo, segeralah mencari pasangan halal agar hidup tak lagi kesepian. Sebab jiwa yang sepi mampu melemahkan komitmen untuk melepaskan diri dari kecanduan.

Empat hal tersebut memang tak mutlak menjauhkan diri dari kecanduan. Sebab kondisi masing-masing manusia berbeda satu dengan yang lain. Oleh karenanya, alangkah lebih baik jika mencari komunitas yang sejalan untuk mengatasi kecanduan pada sesuatu. Misalnya kita kecanduan rokok dan ingin melepaskan diri dari candu ini. Maka ikut bergabung dalam komunitas anti-rokok menjadi jalan yang tepat.

Load More Related Articles
Load More By BesokLusa
Load More In Tips

Leave a Reply

Check Also

Empat Hal Yang Mesti Dipertimbangakan Sebelum Ikut Tes CPNS

Tahun 2017, 61 instansi pemerintahan membuka lowongan pekerjaan. Tentu bukan sembarang low…