Home Hiburan Panduan Memahami Film-Film Marvel Cinematic Universe, Biar Kamu Enggak Gagal Paham

Panduan Memahami Film-Film Marvel Cinematic Universe, Biar Kamu Enggak Gagal Paham

16 min read
0
0
212
panduan memahami marvel cinematic universe

Belum ada yang menyangkal hingga detik ini, kalau Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah cinematic universe yang paling sukses baik dari sisi keuntungan maupun kualitas cerita. Apalagi MCU kembali hype setelah munculnya trailer Avengers: Infinity War yang kabarnya bakal premiere pada Mei 2018.

Dalam trailer Avengers: Infinity War tersebut, muncul banyak sekali tokoh superhero yang pada mulanya terpisah-pisah dalam film-film tersendiri. Misalnya disana ada kru Avengers yang pernah muncul di dua film Avengers sebelumnya. Lantas ada Dr. Strange, Spider-Man, Black Panther, sampai kru Guardians of The Galaxy.

Mengapa mereka bisa tersambung dalam satu film? Bagaimana ceritanya mereka bisa bertemu satu sama lain? Seperti apa alur cerita sebenarnya sehingga mereka semua bisa berkumpul? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mungkin terngiang-ngiang di benak para penikmat film yang baru pertama kali atau hanya pernah menonton beberapa film saja dari MCU. Untuk itulah, berikut akan dijelaskan tentang kronologi MCU tercipta dan cerita inti yang mengiringi film-film tersebut.

Infinity Stones Yang Menjadi Penyatu Cerita

panduan memahami marvel cinematic universe
Thanos dan Infinity Stones

Infinity Stones inilah yang membuat hampir keseluruhan cerita dari MCU bisa tersambung dengan apik. Bahkan ujung cerita dari MCU adalah seorang sosok super-villain yang bertujuan mengumpulkan keseluruhan batu tersebut. Tokoh ini muncul dalam frame yang utuh sejak film Guardians of The Galaxy dan mendapat peran sebagai villain utama dalam Avengers: Infinity War. Ya, dialah Thanos.

Thanos alias Dark Lord atau sering disebut juga sebagai Mad Titan merupakan super-villain yang berasal dari luar angkasa. Anak buahnya, Chitauri, pernah menjadi villain pada film The Avengers. Ambisi Thanos adalah mengumpulkan keenam Infinity Stones, sebab dialah tokoh yang sudah menguasai Infinity Gauntlet. Infinity Gauntlet adalah sebuah sarung tangan yang menjadi ‘rumah’ bagi keenam batu itu.

Ya, ada enam batu dalam keseluruhan cerita MCU. Sudah ada lima yang muncul, yakni Space Stone dalam Thor, Captain America: The First Avenger, dan The Avengers dalam bentuk Tesseract. Mind Stone sudah muncul dalam bentuk tongkat Chitauri di film The Avengers, Captain America: The Winter Soldier, Avengers: Age of Ultron, dan Captain America: Civil War. Batu selanjutnya adalah Reality Stone yang pernah muncul dalam benda bernama Aether dalam Thor: The Dark World. Ada lagi Power Stone pada Orb di film Guardians of the Galaxy. Dan terakhir ada Time Stone yang muncul sebagai Eye of Agamotto di film Doctor Strange. Sementara batu yang satu lagi, yakni Soul Stone, belum muncul di film MCU yang sudah tayang.

Enam batu ini bukan hanya menjadi penyatu keseluruhan cerita MCU, tapi menjadi dasar dari terciptanya alam semesta, tentu dalam versi Marvel. Dari sinilah kehidupan ala Marvel tercipta, dan keenam batu ini dieksplorasi menjadi cerita MCU yang apik. Lalu, film apakah yang mesti ditonton pertama kali?

Kronologi Film-Film MCU

Banyak yang bingung dengan kronologi dari film-film dalam MCU. Mungkin karena mereka hanya menonton beberapa film saja dari total 17 film yang sudah dirilis di bioskop. Sejak artikel ini dirilis, film terakhir dari MCU yang sudah dirilis di bioskop adalah Thor: Ragnarok. Sekuel Thor yang ketiga ini merupakan film kelima dari MCU fase ketiga.

Katakanlah buat yang baru menonton Thor: Ragnarok, mungkin agak sedikit bingung mengapa Hulk bisa berada di planet antah-berantah dan bertemu dengan Thor dalam sebuah arena gulat di planet tersebut. Atau pertanyaan siapakah tokoh yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch yang menunjukkan Thor dan Loki kepada tempat persembunyian Odin. Ya, mungkin tahu dengan Doctor Strange, tapi mengapa ia bisa muncul disana dan kapasitasnya sebagai apa? Niscaya beberapa pertanyaan tersebut akan terjawab andaikata menonton dua film Thor sebelumnya, ditambah dengan Doctor Strange dan Avengers: Age of Ultron.

Jadi jelas, untuk paham terhadap satu film MCU saja, penonton mesti menyimak setidaknya empat film yang sudah dirilis sebelumnya. Silakan bayangkan sendiri kalau harus memahami keseluruhan dari cerita dalam MCU.

Integrasi cerita semacam ini menjadikan film-film dalam MCU menarik. Sebab meski satu film saja sudah menarik, ia mampu membawa penonton kedalam semesta film secara keseluruhan yang jauh lebih menarik. Untuk itulah, agar lebih memahami alur cerita yang sebetulnya sangat kompleks, berikut penyederhanaannya berdasarkan tahun rilis film.

2008

panduan memahami marvel cinematic universe
Iron Man

Fase pertama MCU dimulai dengan dirilisnya Iron Man. Ada alasan mengapa Iron Man menjadi karakter yang pertama kali dikenalkan. Pertama, semesta film ini mesti memahami kalau ada manusia dan teknologi dibalik kehebatan superhero.

panduan memahami marvel cinematic universe
Hulk

Sehingga pasca kemunculan Hulk dalam The Incredible Hulk dua bulan kemudian, publik tak terlampau kaget dengan percobaan sinar gamma yang dilakukan Bruce Banner.

2010

panduan memahami marvel cinematic universe
Iron Man 2

Iron Man 2 menjadi satu-satunya film MCU yang dirilis. Disini, ceritanya mulai kompleks. Sebab selain kemunculan Nick Fury dan Natasha Romanoff yang berupaya menyatukan beragam superhero, agen Coulson yang sudah muncul dalam film Iron Man sebelumnya pun menyiratkan mereka sedang bertugas di New Mexico. Tugas tersebut berhubungan dengan jatuhnya palu milik Thor.

2011

panduan memahami marvel cinematic universe
Thor

Jatuhnya palu Mjolnir di New Mexico menjadi sebuah bagian dalam cerita di film Thor. Sang dewa petir ini dibuang oleh ayahnya, Odin, akibat membangkang. Ia pun dibuang ke bumi bersama dengan palunya. Palu tersebut terdampar di New Mexico dan menjadi tontonan banyak orang. SHIELD pun mengambil alih dan meneliti palu tersebut. Disini penonton dikenalkan dengan Hawkeye yang berupaya menghalau datangnya Thor mengambil Mjolnir.

panduan memahami marvel cinematic universe
Captain America

Di tahun ini pula, Marvel membawa MCU flashback ke masa lalu dimana para manusia berupaya menciptakan manusia super. Dalam masa perang, eksperimen manusia super ini menemukan tempatnya. Dicampur dengan aroma nasionalisme, Steve Rogers menjadi sukarelawan setelah selalu gagal dalam rekrutmen tentara. Eksperimen tersebut berhasil dan menobatkan Steve Rogers sebagai manusia super pertama di MCU dengan sebutan Captain America. Sayang, dalam sebuah misi ia jatuh ke dalam es bersama Tesseract dan membeku.

2012

panduan memahami marvel cinematic universe
Avengers

Setelah membeku selama 71 tahun, Captain America akhirnya berhasil dibangkitkan kembali. Misi pertamanya adalah menghadang Loki yang sedang berupaya membuka portal menuju luar angkasa dan menghadirkan alien-alien jahat. Nick Fury mempertemukannya dengan Iron Man, Thor, Natasha Romanoff, Hawkeye, dan Hulk untuk menghadang rencana Loki tersebut. Tim superhero ini kemudian disebut dengan nama Avengers.

2013

panduan memahami marvel cinematic universe
Iron Man 3

Tony Stark tenyata masih trauma dengan ‘lubang cacing’ yang tercipta dari ulah Loki dengan tongkat Chitauri. Ia yang membawa bom untuk menutup lubang tersebut ternyata menciptakan trauma berkepanjangan yang kemudian diceritakan dalam Iron Man 3. Di saat Tony menghadapi trauma, musuh dari masa lalunya pun datang.

panduan memahami marvel cinematic universe
Thor

Di tahun ini juga, Thor memasuki sekuel kedua dengan judul Thor: The Dark World. Disini Jane Foster terpapar Aether yang sedang dicari-cari oleh Malekith pimpinan planet Svartalfheim.

2014

panduan memahami marvel cinematic universe
Winter Soldier

Berbicara Captain America, tentu tak akan terlepas dari keterikatannya dengan masa lalu. Marvel pun mengeksplorasinya dalam Captain America: The Winter Soldier. Disini SHIELD pun runtuh karena ada banyak petingginya yang ternyata anggota HYDRA. Di film ini juga, muncul Bucky yang kelak menjadi pemicu konflik sekaligus bala bantuan dalam tim Avengers.

panduan memahami marvel cinematic universe
Guardians of The Galaxy

Pada tahun yang sama, Guardians of The Galaxy pun dirilis. Film ini semakin meluaskan semesta MCU.

2015

panduan memahami marvel cinematic universe
Ultron

Tony yang masih trauma dengan ‘lubang cacing’ dan kehadiran alien yang bakal sulit dihadapi oleh Avengers, berinisiatif menciptakan kecerdasan buatan dengan meminjam kekuatan tongkat Chitauri. Dibantu oleh Bruce Banner, Tony berhasil menciptakan Ultron, sebuah kecerdasan buatan yang mewujud dalam robot. Sayangnya, Ultron ini kemudian menjadi musuh.

Dalam film Avengers Age of Ultron pun muncul tiga tokoh baru, yakni Vision, dan si kembar Wanda dan Pietro Maximoff.

panduan memahami marvel cinematic universe
Ant-Man

Pada saat Avengers berjibaku melawan Ultron, ternyata di tempat lain sedang berlangsung sebuah cerita tentang sosok ilmuwan mantan rekan Howard Stark, yakni Hank Pym. Dia adalah ahli molekul subatomik. Faktor umur kemudian membawanya pada sebuah keputusan untuk mewariskan ‘ciptaan’-nya. Dan saat Avengers berhasil menyelesaikan persoalan Sokovia, Hank pun berhasil merekrut Scott Lang. Setidaknya itulah inti cerita dalam film Ant-Man.

2016

panduan memahami marvel cinematic universe
Civil War

Kekuatan besar seringkali menciptakan kerusakan yang besar pula. Alasan inilah yang menjadikan pemerintah mengambil kebijakan Sokovia Accord. Kebijakan ini mengharuskan para superhero di seluruh dunia, terutama Avengers, tunduk di bawah kendali pemerintah. Tony Stark sepakat, namun Steve Rogers menolak. Konflik keduanya menjadi inti cerita dalam film Captain America: Civil War. Di film ini dikenalkan juga dua superhero lagi yakni Spider-Man yang baru ‘kembali’ dari Sony Pictures, dan Black Panther.

panduan memahami marvel cinematic universe
Doctor Strange

Doctor Strange pun dirilis pada tahun ini. Tokoh ini berdiri sendiri dan sama sekali berbeda dengan superhero lainnya. Satu-satunya hal yang mengaitkannya dengan MCU adalah sebuah cuplikan dialog dari salah satu tokohnya (Wong), “While heroes like the Avengers protect the world from physical dangers, we sorcerers safeguard it against more mystical threats.”

2017

panduan memahami marvel cinematic universe
Guardians of The Galaxy Vol. 2

Mengapa Peter Quill mampu memegang Power Stone padahal yang lain tidak bisa? Lalu siapakah ayah dari Peter Quill? Pertanyaan ini dijawab oleh sekuel Guardians of The Galaxy Vol. 2. Di film ini ada tokoh baru dalam semesta komik Marvel, yakni Ego yang merupakan makhluk yang telah hidup sejak jutaan tahun silam. Dia adalah planet yang hidup, anggota Celestial, yang bisa mewujud dalam bentuk manusia.

panduan memahami marvel cinematic universe
Spider-Man

Spider-Man Homecoming pun menjadi pengukuh kembalinya tokoh Spiderman ke Marvel setelah satu dekade lebih berada di bawah nama Sony Pictures. Spider-Man kali ini tentu saja berada di bawah semesta cerita MCU, dan memulai debutnya pada Civil War. Timeline-nya dimulai saat Avengers sedang bertempur dengan Chitauri.

panduan memahami marvel cinematic universe
Thor Ragnarok

Pada tahun ini pun Thor: Ragnarok dirilis. Dan muncul tokoh baru bernama Valkyrie.

Film-film Lanjutan

Pada 2018, bakal ada Black Panther dan Avengers: Infinity War yang dirilis. Sementara itu, film-film lain pun akan terus dirilis secara berkesinambungan. Sebab selain ceritanya masih bisa terus dieksplorasi, Marvel pun terus mendapat keuntungan dari semesta film ini.

Load More Related Articles
Load More By BesokLusa
Load More In Hiburan

Leave a Reply

Check Also

Beras Sehat Asli Indramayu Ini Hilangkan Was-Was Soal Beras Palsu

Sekenyang apapun makanmu, niscaya tak akan lengkap rasanya jika belum memakan nasi. Begitu…