Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

mental block

Pernahkah Anda merasa terjebak di kepala Anda dan tidak dapat menyelesaikan apa pun? Tidak ada yang salah denganmu. Anda mungkin mengalami mental block.

Mental block atau blok mental terjadi pada saat yang paling tidak nyaman. Tidak masalah siapa Anda atau apa yang Anda lakukan, karena itu bisa terjadi pada siapa saja. Produktivitas Anda rendah, dan rasanya Anda tidak akan pernah bisa melewati itu.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara terbaik untuk menghindari episode blok mental lainnya, teruslah membaca.

Apa Itu Mental Block?

Apakah Anda bekerja dengan bayaran atau menjalankan bisnis Anda sendiri, ada kemungkinan Anda pernah mengalami serangkaian hambatan mental.

Mental block adalah penghalang tak terlihat yang menghambat produktivitas, kreativitas, atau motivasi Anda. Dilabeli sebagai musuh bebuyutan produktivitas, mental block adalah efek psikologis yang mencegah Anda menjalankan tugas.

Katakanlah Anda memiliki daftar kegiatan yang digariskan untuk hari itu. Setengah jalan ke yang pertama, Anda terjebak. Rasanya seperti Anda terjebak di kepala Anda. Anda tiba-tiba merasa kewalahan dengan pekerjaan. Ini biasanya merupakan tanda pertama dari mental block.

Beberapa hal lain memicu mental block, sehingga tidak selalu muncul dalam bentuk ini. Tapi satu hal yang pasti, mereka menghambat produktivitas Anda. Bagi penulis, mental block disebut sebagai writer’s block—keadaan di mana seorang penulis berjuang untuk memulai sebuah proyek penulisan.

Orang-orang di bidang pemasaran, kreatif, dan layanan profesional juga sering mengalami hambatan mental, karena pekerjaan mereka membutuhkan stimulasi mental tingkat tinggi.

Cara Mengidentifikasi Mental Block

Banyak orang mengalami mental block, jadi tidak perlu merasa aneh.

Karena hambatan mental bukanlah fisik, mengidentifikasinya merupakan tantangan bagi banyak orang. Seperti kebanyakan masalah, mendeteksi keadaan pikiran yang muram itu cukup awal membantu Anda untuk keluar darinya lebih cepat.

Beberapa faktor menyebabkan mental block. Jika Anda tidak memperhatikan, Anda sudah berada jauh di dalam episode blok mental yang parah bahkan sebelum Anda menyadarinya. Pemicunya bervariasi dari orang ke orang. Mari kita bahas beberapa di antaranya.

1. Kekacauan

Bekerja di ruang yang berantakan meningkatkan tingkat stres Anda, yang menghasilkan hambatan mental. Semakin berantakan lingkungan kerja Anda, semakin banyak hambatan mental yang akan Anda alami.

2. Kurang Tidur

Sebagai orang dewasa, Anda membutuhkan setidaknya 6 hingga 8 jam tidur nyenyak tanpa gangguan. Apa pun yang lebih rendah dari itu mengarah ke blok mental karena otak Anda tidak akan cukup istirahat untuk berfungsi dengan baik.

Selain mental block, kurang tidur juga menyebabkan rasa berkabut, kelelahan, perubahan suasana hati, dan penurunan produktivitas yang merupakan gejala dari mental block.

3. Sindrom Penipu

Apakah Anda merasa tidak mampu melakukan pekerjaan Anda atau menyelesaikan tugas Anda? Itu sindrom penipu. Memiliki ketakutan irasional bahwa Anda tidak cukup baik untuk suatu tugas menyebabkan hambatan mental.

4. Kelelahan Mental

Kelelahan mental atau kelelahan hasil dari terlalu banyak bekerja otak Anda. Otak Anda melakukan semua pekerjaan mental Anda untuk Anda, dan mengalami kelelahan ketika telah membuat terlalu banyak keputusan. Dalam kasus seperti ini, Anda pasti akan mengalami beberapa kasus blok.

5. Kebiasaan Makan yang Buruk

Kebiasaan makan dan nilai gizi Anda adalah faktor lain yang menyebabkan mental block. Juga, kekurangan vitamin B12 kemungkinan besar menyebabkan hilangnya memori dan depresi, yang mengarah ke blok mental.

6. Obat-obatan yang Tidak Diresepkan

Obat-obatan yang dijual bebas dan obat-obatan yang tidak diresepkan adalah penyebab blok mental. Disarankan agar Anda menemui dokter untuk mendapatkan resep yang tepat karena beberapa obat ini memiliki efek samping. Dalam beberapa kasus, efek sampingnya adalah mental block.

6 Cara Mengatasi Mental Block

Karena kami telah menguraikan berbagai penyebab hambatan mental, masuk akal untuk mengidentifikasi tindakan pencegahan. Menumbuhkan sikap yang benar akan membuat Anda tetap sehat dan gesit melawan hambatan mental.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga mental block keluar dari jalan Anda.

1. Tonton Video di Media Sosial

Anda harus setuju bahwa media sosial tidak hanya mendidik, tetapi juga menghibur. Dan itulah salah satu faktor yang penting dalam mengatasi mental block.

Kapan pun Anda merasakan tanda-tanda mental block, masuk ke Instagram dan YouTube untuk menghibur diri dengan menonton video favorit Anda. Video lucu tidak pernah mengecewakan untuk meringankan suasana hati seseorang. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Headspace untuk menghilangkan stres dengan meditasi.

2. Mainkan Game Online

Game online sangat membantu dalam menghindari mental block. Anda tidak harus bekerja setiap kali Anda online. Mainkan beberapa permainan menyenangkan untuk menjernihkan pikiran.

Game arcade, catur, atau bahkan lari candi favorit Anda dapat membuat kreativitas Anda kembali mengalir.

3. Lebih Terorganisir

Menjadi terorganisir membantu Anda memahami tugas yang perlu Anda capai. Rapikan ruang kerja Anda dan uraikan tujuan Anda untuk hari itu. Pastikan Anda menghadapi setiap tugas secara individual, karena fokus membantu Anda mengurangi hambatan mental. Anda dapat menggunakan perencana jadwal atau kalender online untuk merencanakan hari Anda dengan lebih baik.

Jangan lupa untuk menjauhkan ponsel Anda saat bekerja, karena notifikasi yang tak henti-hentinya itu menambah kelelahan Anda.

4. Tidur Lebih Baik

Tidur sangat penting untuk otak Anda. Tidur selama jam yang diperlukan membuat Anda tetap sehat. Hindari memaparkan mata Anda ke layar ponsel atau komputer sesaat sebelum tidur, karena dapat mengiritasi mata dan menghambat tidur.

5. Istirahat Dari Pekerjaan

Daripada tidak produktif di tempat kerja dan membuang-buang waktu, istirahatlah saat Anda lelah. Anda dapat berbicara dengan teman, mendengarkan musik, atau berjalan-jalan untuk menyegarkan diri dan memasuki suasana yang mengalir. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk tidur siang, karena itu bisa menyegarkan.

6. Tahan Penundaan

Penundaan bisa menjadi tantangan besar dalam hal mental block. Jika Anda ingin mengurangi tingkat hambatan mental Anda, lakukan dengan baik untuk berhenti menunda-nunda. Hadapi tugas pada waktu yang tepat.

Jadilah Peka terhadap Kesehatan Mental Anda

Blok mental memengaruhi kesehatan mental Anda. Tidak seperti kesehatan fisik, yang menunjukkan gejala yang terlihat saat terkena, gejala kesehatan mental tidak selalu terlihat. Akibatnya, dibiarkan tanpa pengawasan sampai menjadi sangat buruk.

Adalah tanggung jawab Anda untuk menjaga diri sendiri. Jadikan kesehatan mental Anda sebagai prioritas Anda. Ketika Anda menyadari bahwa Anda kehilangan inspirasi atau motivasi untuk bekerja, luangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi diri sendiri. Identifikasi apa yang memicu keadaan pikiran itu dan menjauhlah darinya.

Pengertian Mental Block dan 6 Cara Mengatasinya