Rini Novita Sari
Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Server, istilah yang cukup familiar bagi Anda yang kerap menggunakan komputer, laptop ataupun handphone. Namun, seberapa paham Anda dengan istilah tersebut? Bisa dipastikan sebagian dari pengguna perangkat keras yang telah disebutkan di atas tidak terlalu paham tentang apa itu server

Nah, oleh karena itu dalam artikel berikut ini kami sudah merangkum pengertian juga jenis dari server itu sendiri. Mengapa perlu memahaminya? Hal ini dikarenakan fungsi server yang amat penting dalam pengoperasian teknologi informasi.

Pada saat Anda menggunakan jaringan internet pun juga tengah mempergunakan server. Seperti ketika tengah mengakses sebuah situs. Pada saat Anda memasukkan URL pada kolom pencarian, DNS (Domain Name Server) tengah menghubungkan URL tersebut dengan IP address

Tujuannya adalah memudahkan Anda mengakses sebuah situs tanpa perlu mengingat IP address. Cukup ingat nama domain dari situs yang dimaksud dan masukan ke address bar.Selanjutnya, DNS yang akan menerjemahkan domain tersebut ke IP address yang dipahami komputer. 

Ada banyak domain ekstensi yang kerap digunakan, salah satu yang populer adalah .com. Cukup mudah untuk diingat, bukan? Hal itu dikarenakan domain merupakan nama unik yang membuat sebuah situs mudah diingat. Harga domain sendiri bervariasi, bisa karena nama ataupun alamat ekstensinya. Alamat domain .com biasanya lebih mahal dari .net dan .co.

Definisi Server

Setelah sedikit mengupas salah satu fungsi server, kini kita beralih ke arti atau definisi dari server. Pengertian server adalah sebuah sistem komputer yang memberikan layanan terkait penyimpanan data dalam jumlah banyak. 

Di mana data yang dimaksud berupa informasi juga dokumen yang kompleks. Tujuan penyimpanan data-data tersebut yakni sebagai jawaban atas kebutuhan klien dalam rangka memberikan akses informasi kepada user

Server berperan penting dalam proses pengiriman juga penerimaan data dalam waktu singkat juga cepat. Secara fisik, server berupa jaringan komputer berukuran besar yang menampung processor juga RAM berkapasitas besar. 

3 Jenis Server yang Kerap Dipakai

Server memiliki beberapa jenis berbeda berdasarkan fungsinya. Apa saja jenis-jenis server? Berikut ini beberapa contoh jenis server yang umum digunakan. 

  • File Server 

Jenis yang pertama ialah file server, sebuah jaringan komputer yang berfungsi memberikan akses dalam bentuk lokasi disk. Lokasi disk yang fimaksud berisi data-data berupa dokumen, musik, gambar, database, video, dan lain sebagainya. 

Server jenis ini dibuat untuk memungkinkan user mengambil ataupun menyimpan data melalui workstation. Namun kegunaan utamanya ialah mengontrol informasi juga komunikasi antar komponen dalam jaringan. 

  • Database Server 

Jenis kedua, database server. Jaringan komputer yang melayani pengelolaan dan penerimaan permintaan klien untuk database pada server. Fungsi utamanya ialah menyediakan layanan big data yang teratur sehingga mudah dicari oleh user. Selain itu, juga melayani akses data oleh banyak orang pada waktu yang bersamaan. 

Hal tersebut yang lantas menjadi alasan beberapa lembaga memilih menggunakan jenis server yang satu ini. Tentu saja untuk memudahkan publik mengakses data di waktu yang sama. 

  • Web Server 

Contoh jenis server ketiga yaitu web server. Sebuah sistem jaringan komputer yang khusus melayani permintaan HTTP dan juga HTTPS. Kode yang diterima web server, akan dikirimkan lagi berupa laman web. 

Di mana laman web tersebut, oleh web server dikirimkan kembali dalam format HTML juga CSS. Selanjutnya format tersebut akan diolah kembali oleh browser sehingga bisa ditampilkan berupa laman situs yang mudah dibaca oleh user

Fungsi atau kegunaan utama dari jenis server ini adalah mengirim data yang diminta user lewat browser setelah melewati serangkaian proses. Dengan begitu user akan dapat mengakses data tersebut dalam bentuk video, teks, gambar  dan lain sebagainya lewat browser. 

Jika sebelumnya web server fokus memasarkan World Wide Web atau www, kini ada banyak hardware yang bisa diakses lewat HTTP yang bertujuan untuk meninjau atau memantau manajemen pekerjaan. Hardware yang dimaksud diantaranya seperti router, printer, kamera dan perangkat keras lainnya. 

Nah, itulah pengertian dari server dan juga beberapa contoh jenisnya. Sebenarnya masih ada setidaknya lima jenis server lain dengan fungsi yang berbeda-beda. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda bisa memahami apa itu server dan bisa menikmati fungsinya dengan maksimal. BESOKLUSA.COM

Apa, sih Server Itu? Yuk, Cari Tahu Pengertian dan Contoh Jenisnya!