Rini Novita Sari
Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pemanfaatan KTA saat ini memang sangat beragam. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan. Apalagi saat ini biaya pendidikan memang semakin mahal, khususnya untuk mereka yang bersekolah di sekolah swasta. 

Bicara soal sekolah swasta, jenis sekolah ini memang sedang sangat populer di tengah masyarakat. Banyak sekali orang tua yang memilih untuk memasukkan anak mereka di sekolah swasta. Sebenarnya apa saja keunggulan dari sekolah ini?

Keunggulan Sekolah Swasta

Zaman telah berganti, jika dulu masyarakat lebih memburu sekolah negeri justru kini sekolah swasta jauh lebih populer. Berikut adalah beberapa keunggulan sekolah swasta menurut laman youngontop:

  • Berkualitas Tinggi

Sekolah swasta dikenal memiliki kualitas yang tinggi. Biasanya sekolah swasta memiliki standar akademik yang jauh lebih ketat dari sekolah negeri. Selain itu sistem pembelajaran mereka juga sangat mendalam dan inovatif. 

Bisa dilihat sendiri saat ini sekolah dasar swasta memiliki lebih banyak rangkaian kegiatan yang inovatif. Kualitas inilah yang membuat banyak orang tua tertarik untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah swasta. 

  • Memiliki Fasilitas Lengkap

Dari segi fasilitas, sekolah swasta juga umumnya punya fasilitas yang sangat lengkap. Jauh lebih lengkap jika dibandingkan sekolah negeri yang mungkin memiliki banyak keterbatasan. 

Hal ini sebenarnya diimbangi oleh biaya sekolah swasta yang terbilang mahal. Sumber dana yang dimiliki oleh sekolah swasta jauh lebih besar sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan fasilitas secara optimal. 

Jadi jangan kaget jika harus mengeluarkan lebih banyak uang demi menyekolahkan anak di sekolah swasta. Orang tua juga saat ini bisa memanfaatkan KTA dari bank jika memang ingin memenuhi kebutuhan dana di sekolah swasta. 

  • Menerapkan Kurikulum yang Fleksibel

Sekolah swasta juga umumnya menerapkan kurikulum yang fleksibel. Jenis sekolah ini memiliki kebebasan dalam merancang dan menentukan kurikulum pendidikan mereka sendiri. 

Hal ini membuat sekolah swasta bisa lebih mudah menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa maupun tren yang berlaku. Sistem seperti inilah yang membuat sekolah swasta bisa jadi jauh lebih unggul dan berkualitas. 

  • Memiliki Fokus Tertentu

Umumnya sekolah swasta juga memiliki fokus tertentu pada sebuah bidang. Misalnya saja bidang musik, olahraga, dan lain sebagainya. Setiap sekolah akan memberi penawaran program tertentu yang fokus pada satu bidang. 

Ini membuat sekolah swasta jauh lebih diminati karena fokus pembelajarannya jelas. Orang tua juga bisa lebih percaya kepada sekolah karena anaknya mendapatkan pendidikan sesuai dengan kebutuhan mereka. 

  • Punya Jalinan Kemitraan yang Kuat

Sebagian besar sekolah swasta juga memiliki jalinan kemitraan yang sangat kuat. Kemitraan yang dimaksud di sini adalah kemitraan dengan komunitas maupun dengan sebuah industri. 

Hal seperti ini membuat koneksi siswa jadi bisa lebih luas lagi. Tentunya ini akan mempermudah siswa dalam melanjutkan pendidikan mereka bahkan meniti karier di masa depan. 

Sekolah Swasta Semakin Populer

Tips Memilih Sekolah Swasta Berkualitas

Saat ini ada banyak sekali sekolah swasta yang bisa orang tua temukan. Namun tidak semuanya cocok dan menawarkan kualitas sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa tips memilih sekolah swasta berkualitas dilansir dari kompas:

  • Perhatikan Track Record

Pertama-tama orang tua perlu memperhatikan track record sekolah yang akan dipilih. Tidak semua sekolah swasta punya kualitas yang bagus dan setara. Jadi penting sekali untuk memperhatikan seperti apa track record mereka. 

Lihat apa saja prestasi yang sudah dicapai oleh sekolah. Cari tahu juga apa akreditasinya sehingga orang tua akan merasa lebih yakin saat memasukkan anak mereka di sekolah tersebut. 

  • Cek Sistem Kurikulumnya

Hal berikutnya yang penting dilakukan adalah mengecek sistem kurikulum. Sekolah swasta memang punya fleksibilitas dalam menentukan kurikulum pendidikan jadi harus jeli memperhatikan hal tersebut. 

Pastikan kurikulum yang diterapkan oleh pihak sekolah sudah sesuai dengan kebutuhan orang tua dan siswa. Carilah sekolah dengan kurikulum yang tepat sehingga hasil pendidikannya lebih memuaskan. 

  • Lihat Lingkungan dan Fasilitas

Tentu saja orang tua juga harus melihat kondisi lingkungan dan fasilitas yang dimiliki sekolah. Dua hal ini akan sangat berpengaruh pada kelancaran pendidikan siswa. Apalagi sekolah swasta terkenal dengan fasilitasnya yang lengkap. 

Pastikan untuk lebih jeli melihat seperti apa lingkungan juga lingkup pergaulan sekolah tersebut. Apabila lingkungannya cukup baik dan fasilitasnya lengkap maka anak juga pasti akan lebih nyaman bersekolah di sana. 

  • Pertimbangkan Lokasi 

Jangan lupa pertimbangkan juga lokasi sekolah sebelum yakin mendaftar. Sangat disarankan untuk memilih sekolah yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah agar tidak mempersulit akses pulang pergi ke sekolah. 

Di zaman sekarang ini orang tua perlu memikirkan efektivitas transportasi datang dan pulang sekolah. Jangan sampai anak malah kelelahan di jalan karena lokasi sekolah yang terlalu jauh dari rumah. 

  • Perhitungkan Biaya

Penting sekali untuk memperhitungkan biaya. Ingat bahwa sekolah swasta memiliki beban biaya yang jauh lebih mahal dari sekolah negeri. Jika masalah biaya tidak diperhitungkan dengan baik maka orang tua akan kesulitan sendiri. 

Pilihlah sekolah dengan fasilitas lengkap, kurikulum tepat, dan tentunya pas dari segi biaya. Apabila memang diperlukan tambahan biaya, orang tua bisa langsung apply KTA online asalkan sekolah yang dipilih memang sudah tepat. 

Kredit tanpa agunan digibank KTA bisa jadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan biaya sekolah di sekolah swasta. Produk pinjaman ini bisa diajukan secara online menggunakan e-KTP. Limit pinjamannya bisa mencapai Rp200 juta dan approval cuma 60 detik. 

Jangan ragu untuk menggunakan produk KTA yang satu ini. Langsung saja klik di sini untuk informasi lebih detail.

Sekolah Swasta Semakin Populer, Cek Kelebihannya di Sini