Rini Novita Sari
Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang disebabkan oleh infeksi dari virus corona baru telah memakan banyak korban dan mengganggu banyak orang dalam beraktivitas. Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), beberapa wilayah dan moda transportasi mewajibkan surat bebas Covid-19 dengan syarat minimal melakukan rapid test.

Rapid test menjadi syarat diterbitkan atau tidak diterbitkannya surat keterangan bebas dari Covid-19. Apabila seseorang diklaim bebas Covid-19, maka surat tersebut akan diterbitkan dan seseorang bisa masuk dengan bekal surat izin tersebut.

rapid test terdekat

Surat dengan jenis yang sama pula bisa diterbitkan untuk kebutuhan naik pesawat terbang. Moda transportasi ini mewajibkan calon penumpangnya untuk memiliki surat bebas Covid-19 dengan melampirkan hasil rapid test yang menunjukkan non-reaktif. Apabila reaktif, tentu saja surat tersebut tidak akan diterbitkan.

Surat ini diterbitkan tentu saja agar mata rantai penyebaran Covid-19 bisa dicegah. Meski hasil rapid test masih diperdebatkan, tetapi hasil dari tes tersebut bisa menjadi pemandu kebijakan dalam memetakan penyebaran Covid-19.

Nah, buat kamu yang pengin melakukan perjalanan, baik ke Jakarta maupun akan menggunakan moda pesawat terbang, sebaiknya pelu mengetahui apa itu rapid test dan dimana saja lokasi rapid test terdekat yang bisa dijangkau.

Antibodi Tubuh

Sebelum ke penjelasan tentang apa itu rapid test, perlu diketahui kalau didalam darah manusia terdapat dua jenis antibodi, yakni IgM dan IgG. Kedua antibodi dikandung oleh darah dan cairan tubuh lain serta akan tercipta ketika seseorang terinfeksi virus apapun. Ya, virus apapun termasuk virus corona.

IgM alias Immunoglobulin M merupakan jenis antibodi yang dihasilkan oleh tubuh ketika kamu pertama kali terinfeksi oleh virus, bakteri, atau kuman. Antibodi ini merupakan pertahanan pertama dari tubuh dalam melawan infeksi. IgM akan meningkat secara drastis dalam waktu cepat apabila tubuh mengalami infeksi.

Sementara itu IgG atau Immunoglobulin G merupakan antibodi yang memiliki kemampuan dalam mengingat virus, bakteri, atau kuman yang pernah masuk ke tubuh. Sehingga tubuh kamu lebih mudah untuk mengatasi infeksi tersebut dengan cepat. IgG paling banyak dikandung dalam cairan tubuh daripada IgM.

Apa Itu Rapid Test?

Nah, rapid test adalah metode yang dipakai untuk screening awal guna mengetahui apakah dalam tubuh kamu sudah muncul antibodi IgM dan IgG tadi. Kalau pada saat dites antibodi itu sedang membentuk atau sudah terbentuk, maka besar kemungkinan sedang ada virus yang menginfeksi tubuh.

Rapid test mirip pemeriksaan kolesterol dan asam urat, yakni menggunakan darah. Sebab pada cairan tubuh berwarna merah inilah terkandung antibodi dalam melawan infeksi virus, bakteri, atau kuman.

Sebagaimana diketahui, rapid test memang bukanlah alat untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus corona atau tidak. Sebab tes ini hanyalah untuk mengetahui apakah antibodi terbentuk. Kalau antibodi terbentuk yang berarti reaktif, maka kemungkinan seseorang positif terinfeksi sesuatu. Untuk hasil lebih lanjut, diperlukan tes lanjutan berupa PCR Test dengan Swab tenggorokan.

Meski dengan kelemahan tersebut, tetap saja rapid test diperlukan guna mengetahui secara cepat potensi penyebaran Covid-19 di suatu wilayah. Kecepatan hasil yang didapatkan sangat diperlukan pemangku kebijakan untuk mendapatkan peta persebaran Covid-19 di wilayahnya.

Rapid Test Terdekat

Kembali lagi ke pokok bahasan diawal, yakni dimana sih tempat buat melakukan rapid test secara mandiri dan mendapatkan surat keterangan yang dibutuhkan? Jawabannya ada dalam genggaman kamu.

Kamu bisa membuka aplikasi Halodoc dan mencari tempat untuk melakukan rapid test terdekat dengan wilayah kamu. Kalau aplikasinya belum punya, silakan unduh saja di Play Store untuk pengguna Android maupun App Store buat pengguna iOS.

Halodoc merupakan platform aplikasi kesehatan untuk berkonsultasi dengan dokter. Aplikasi ini dibuat oleh Jonathan Sudharta dengan nama perusahaan PT Media Dokter Investama. Pada Maret 2019 lalu, mereka mendapatkan pendanaan Seri B sebesar $65 juta.

Biaya rapid test di berbagai rumah sakit yang ditampilkan di aplikasi Halodoc mulai dari Rp275.000,00. Yang perlu kamu catat adalah biaya tersebut hanya untuk mengetahui hasil reaktif atau non-reaktif saja. Kalau mau mendapatkan surat yang diinginkan, maka ada tambahan biaya yang biasanya sekitar Rp50.000,00.

Demikian artikel tentang apa itu rapid test dan fasilitas kesehatan mana saja yang bisa dipergunakan untuk rapid test terdekat. Semoga bisa membantu perjalanan kamu. Dan jangan lupa, tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol pencegahan Covid-19 dimanapun.

Tentang Rapid Test Covid-19 yang Perlu Kamu Ketahui