Rini Novita Sari
Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Anda yang merupakan pasangan pengantin baru tentu sedang menikmati masa-masa euforia atau honeymoon. Namun, tak perlu lupa juga untuk memikirkan cara mengatur keuangan kembali setelah menggelar acara pernikahan yang mewah dan tak terlupakan.

Membahas tentang cara mengatur keuangan bagi pengantin baru sangat penting, terutama untuk masa depan Anda dan pasangan. Cara-caranya tentu beragam, mulai dari menabung, berinvestasi pada Reksadana Saham dan jenis investasi lainnya.

Oleh karena itu, baca artikel di bawah ini untuk para pengantin baru yang ingin mendapatkan banyak informasi tentang mengatur keuangan. Salah satunya adalah memilih produk investasi Reksadana terbaik!

6 Tips Mengatur Keuangan Pengantin Baru dengan Pilih Investasi Reksadana Saham!

Mengatur strategi finansial merupakan kewajiban bagi setiap individu maupun yang sudah berpasangan. Salah satu contohnya adalah para pasangan pengantin baru yang mana membutuhkan berbagai tips dan cara mengatur pernikahan yang baik, khususnya pada aspek keuangan.

Untuk mengatur keuangan oleh pasangan pengantin baru lebih baik dilakukan sedini mungkin. Tujuannya agar masa depan keuangan rumah tangga lebih baik di masa depan. Maka dari itu,  kupas tips bermanfaat dalam mengatur uang untuk pasangan pengantin baru berikut ini:

  • Informasi Total Penghasilan Per Bulan

Tips pertama adalah keterbukaan tentang informasi total penghasilan per bulan. Jika Anda dan pasangan masing-masing bekerja, saling berbagi informasi tentang penghasilan adalah hal utama yang harus dibahas. Informasi ini tidak hanya berisi tentang penghasilan saja, tetapi juga mengenai hutang, aset, tabungan dan investasi yang dimiliki.

Tujuannya adalah agar Anda dan pasangan memiliki gambaran yang jelas tentang kondisi keuangan masing-masing. Jika saling berbagi informasi tentang total penghasilan per bulan, Anda dan pasangan dapat menetapkan cara mengatur keuangan kedepannya.

  • Buat Alokasi Keuangan

Membuat alokasi keuangan menjadi tips jitu berikutnya yang dapat Anda dan pasangan lakukan sebagai salah satu strategi finansial pengantin baru. Adanya alokasi keuangan ini akan memunculkan rasa tanggung jawab sebagai seorang pasangan yang sudah berumah tangga.

Salah satu contoh alokasi keuangan yang dapat Anda lakukan adalah membuat catatan pengeluaran untuk kebutuhan makan sehari-hari, entertainment, dana darurat, investasi, tabungan dan lain-lain. Namun, jika Anda ingin membuat alokasi keuangan yang lebih sederhana, cukup bagi ke dalam 3 kategori, seperti lifestyle, saving dan living.

Manfaat untuk Anda ketika membuat alokasi keuangan adalah agar dapat mengetahui pos-pos pengeluaran mana yang menjadi prioritas. Karena ketika mulai untuk mengatur keuangan pengantin baru, maka wajib mengetahui bagian mana saja yang harus dibatasi dan diprioritaskan.

  • Tetapkan Tujuan Jangka Pendek dan Panjang

Anda dan pasangan wajib mengatur tujuan atau set goals jangka pendek maupun panjang. Tujuan adanya aspek ini adalah agar penghasilan Anda atau pasangan tidak teralokasi ke hal-hal konsumtif saja. Anda dapat mulai mengatur tujuan jangka pendek seperti mengalokasikan keuangan untuk membuat rumah atau down payment (DP) rumah.

Sedangkan untuk tujuan jangka panjang Anda dapat menyiapkan keuangan untuk biaya pendidikan anak, investasi hari tua atau dana pensiun, modal bisnis dan sebagainya. Mengatur tujuan dalam jangka pendek dan jangka panjang akan membatasi keinginan konsumtif Anda bersama pasangan.

  • Bagi Tanggung Jawab

Tips keempat dan yang tak kalah penting adalah berbagi tanggung jawab. Pertanyaan seperti siapa yang bertanggung jawab atas keuangan rumah tangga? Untuk menjawab hal ini tidak selalu dibebankan pada suami atau istri saja. Semua tergantung kesepakatan Anda dengan pasangan Anda karena masing-masing kondisi rumah tangga tentu berbeda-beda.

Hal terpenting adalah pembagian tanggung jawab wajib jelas sejak awal. Misal, suami menanggung biaya listrik, internet, biaya air dan biaya pendidikan anak. Sedangkan, tanggung jawab istri adalah mengatur keuangan untuk investasi, asuransi dan tabungan.

  • Pilih Jenis Investasi Tepat

Memilih jenis investasi tepat menjadi tips jitu mengatur keuangan yang baik bagi pengantin baru. Saat ini banyak sekali jenis investasi yang dapat Anda dan pasangan pilih, misal investasi Reksadana Saham. Jenis investasi satu ini banyak diminati oleh para pasangan muda karena banyak sekali kelebihan yang didapatkan.

Investasi Reksadana dapat menjadi pilihan tepat karena dapat dilakukan untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, Reksadana Saham adalah jenis investasi yang mudah untuk digunakan. Hal ini tentu cocok bagi Anda dan pasangan yang baru menikah agar cara mengelola keuangan lebih tertata namun praktis.

  • Saling Terbuka dan Transparan

Tips terakhir adalah saling terbuka dan transparan kepada pasangan. Karena ketika Anda dan pasangan memiliki tujuan pernikahan bersama, maka keterbukaan adalah hal penting yang wajib dilakukan. Tidak hanya keterbukaan masalah pribadi, tetapi juga perihal keuangan dan lain sebagainya.

Selain terbuka dengan pasangan, Anda juga dapat berkomunikasi dengan pasangan secara aktif. Komunikasi dan terbuka dengan pasangan menjadi tips jitu pernikahan awet dan langgeng. Anda tentu ingin pernikahan Anda selalu berhasil dari berbagai aspek, bukan?

Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru

Kesimpulan

Mengatur keuangan sebagai pasangan pengantin baru memang cukup menantang. Namun, Anda tak perlu khawatir karena salah satu cara mengatur keuangan tepat adalah memilih investasi Reksadana yang tepat. Produk Reksadana dari perbankan prioritas DBS Treasures memiliki keunggulan yang bermanfaat bagi pengantin baru yang ingin memulai mengatur keuangan.

Keunggulannya antara lain adalah dana investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Anda juga akan diberikan wawasan bermanfaat terkait investasi. Lalu, risiko investasi akan lebih minim karena adanya diversifikasi penyebaran dana.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Maka dari itu, pilih investasi Reksadana Saham DBS Treasures. Anda dapat mengecek langkah-langkah pengajuan mudahnya di sini!

 

Inilah 6 Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru