Rini Novita Sari
Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Apakah Anda berencana untuk melakukan investasi properti dalam waktu dekat? Seperti diketahui dari banyaknya pilihan investasi, melakukan investasi properti adalah salah satu hal yang terbilang cukup menguntungkan. Dari banyaknya pilihan properti Anda bisa coba untuk investasi properti dalam bentuk apartemen.

Apartemen jadi salah satu pilihan investasi untuk menghasilkan pendapatan berlipat di masa depan. Namun dalam berinvestasi di properti apartemen, Anda tidak perlu sembarangan dan juga butuh yang namanya komitmen besar.

Investasi Apartemen Untuk Pemula

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda terapkan jika ingin melakukan investasi properti berbentuk apartemen.

1. Harga Unit Apartemen

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah harga dari apartemen tersebut sebaiknya disesuaikan dahulu dengan kemampuan finansial, terlebih jika yang sudah memiliki keluarga. Anda tentu tidak perlu memaksakan beli apartemen yang mahal atau melakukan cicilan apartemen dengan jumlah yang besar jika tidak mampu.

Untuk itu Anda bisa mencari informasi apartemen di lokasi yang diincar lalu pertimbangkan bagaimana fasilitas, biaya perawatan dan harga sewa tiap apartemen. Apartemen dengan lokasi yang strategis dan fasilitas yang lengkap tentu saja harganya mahal. Anda yang memiliki budget tidak terlalu besar, maka bisa pilih apartemen di pinggiran kota namun pilih yang lokasinya sekiranya masih cukup strategis.

2. Cek Perizinan dan Legalitas

Memeriksa soal perizinan dan juga legalitas dari apartemen yang akan dibeli adalah hal yang juga cukup penting. Jangan sampai Anda lalai pada masalah ini, apalagi sampai membeli apartemen yang berdiri di tanah pemerintah. Karena sudah pasti jika kondisi ini terjadi maka Anda akan rugi.

Minimal apartemen sudah punya sertifikat HGB atau Hak Guna Bangunan, IMB atau izin mendirikan bangunan dan SIPPT yang diterbitkan resmi oleh pemerintah daerah setempat. Jika Anda sudah memastikan semua izin ada dan lengkap, maka bisa memutuskan untuk memilih apartemen tersebut sebagai sarana investasi.

3. Perhatikan Lokasi Apartemen

Memperhatikan lokasi apartemen juga tidak kalah penting. Anda jangan pernah tergiur dengan harga apartemen yang terlalu murah lalu mengabaikan masalah lokasi. Karena jika Anda memilih apartemen di lokasi yang kurang strategis maka ini namanya anda cari rugi.

Pastikan membeli apartemen di lokasi strategis. Seperti misalnya apartemen yang dekat dengan fasilitas publik seperti area perkantoran, sarana pendidikan, pusat perbelanjaan dan juga mudah diakses oleh kendaraan umum dan pribadi.

4. Konsultasi Dengan Ahli

Karena Anda merupakan pemula di bidang investasi apartemen, maka sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan para ahli sebelum memutuskan untuk beli unit apartemen. Anda bisa konsultasi dengan inspector bangunan untuk analisa seputar kondisi dan lokasi bangunan.

Selain itu Anda juga wajib berkonsultasi dengan ahli hukum dan spesialis perpajakan. Dimana  soal hukum yang nantinya bisa saja dihadapi di masa depan terkait apartemen dan juga pajak yang perlu dipahami.

5. Pilih Developer Terpercaya

Investasi aset berbentuk apartemen cukup menggiurkan sehingga banyak pula developer yang memang membangun apartemen baik untuk ditinggali maupun dijadikan aset properti. Maka dari itu untuk investasi apartemen, Anda wajib pilih pengembang terpercaya.

Pastikan track record dari developer tersebut memang bagus dan sudah punya pengalaman bertahun-tahun membangun berbagai hunian. Minimal developer terpercaya sudah bergelut dalam bisnis properti 10 tahun lamanya, baru dikatakan merupakan developer terpercaya. Atau Anda bisa cek informasi tentang developer lewat Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia atau APERSSI.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin melakukan investasi apartemen terutama untuk para pemula. Ketika memiliki aset properti, tentu saja Anda juga harus memberikan perlindungan pada properti tersebut dengan kepemilikan asuransi properti.

Anda bisa memanfaatkan Cekpremi.com untuk melakukan perbandingan yang mudah saat akan memilih asuransi properti dari perusahaan terbaik. Cekpremi tentu saja dapat membantu anda untuk mendapatkan pilihan asuransi properti dengan premi paling terjangkau pula. Selain asuransi di bidang properti, Anda juga bisa melakukan perbandingan untuk berbagai pilihan asuransi lainnya di Cekpremi. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi perjalanan, asuransi mobil dan masih banyak lagi. Kunjungi Cekpremi.com sekarang juga, untuk informasi lebih lengkap.

Tips Investasi Apartemen Untuk Pemula