Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Film tentang benda luar angkasa yang akan menabrak bumi dan menyebabkan kehancuran luar biasa tak cuma satu. Namun dengan formulasi yang sama, film Don’t Look Up sepertinya muncul dengan sudut pandang berbeda.

Don’t Look Up dibintangi banyak pesohor. Ada Leonardo Di Caprio, Jennifer Lawrence, Jonah Hill, Cate Blanchett, Meryl Streep, Timothee Chalamet, dan masih banyak lagi. Jadi soal akting dari amsing-masingnya memang tak usah diragukan lagi.

Film yang dirilis pada 5 Desember 2021 dan disutradarai oleh Adam McKay ini masuk pada kategori komedi gelap dan cenderung satir. Sekadar informasi, Adam juga cukup sukses dalam memotret resesi ekonomi Amerika Serikat pada 2008 lewat The Big Short.

Jika Anda suka dengan The Big Short, maka Don’t Look Up juga punya rumusan yang sama. Ia satir, cerdas, spontan, segar, dan tetap mengandung gelak tawa yang mengandung perenungan. Dan tema besarnya juga sama, yakni kritik terhadap pemerintah. Bedanya hanya subjek saja, dimana kali ini tentang antariksa.

dont look up

Lantas seperti apa sinopsis dari Don’t Look Up ini? Mari kita simak saja ceritanya.

Sinopsis Don’t Look Up

Pada suatu malam, di sebuah ruangan pada Michigan State University, seorang asisten profesor Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) menemukan sebuah hal yang mengejutkan untuk studi kandidat PhD-nya. Ia mengobservasi sebuah komet berukuran 5-10 km yang dalam perhitungannya bakal menabrak bumi.

Kate awalnya cukup ragu, sampai ia melaporkan hasil perhitungannya ini kepada Dr. Randal Mindy (Leonardo Di Caprio), seorang profesor atasan Kate. Mindy pun melakukan perhitungan terhadap temuan Kate itu beberapa kali. Dan hasilnya sama saja.

Mereka berdua menemukan fakta bahwa komet itu akan menabrak bumi enam bulan lagi. Dan dengan perhitungan kecepatan komet yang meluncur, tabrakan tersebut akan berakibat fatal pada bumi. Tabrakan ini akan mengakibatkan kehancuran massal satu planet.

Hasil perhitungan ini kemudian mereka laporkan ke otoritas yang lebih tinggi. Mereka menelepon kenalannya di NASA, Dr. Teddy Oglethorpe (Rob Morgan). Mereka lantas dibawa ke Gedung Putih untuk bertemu Presiden AS.

Apa yang terjadi kemudian?

Jika Anda mengharapkan semua orang bertindak heroik layaknya film Armageddon, mohon maaf Anda salah. Don’t Look Up berupaya menjelaskan seandainya betul ada benda luar angkasa yang akan menyebabkan kerusakan pada bumi, maka (kira-kira) beginilah reaksi dari kalangan elit Amerika.

Pada tahap awal saja, Presiden AS, Janie Orlean (Meryl Streep), sukar ditemui. Ia hanya mementingkan masalah-masalah yang terkait dengan kepentingannya saja. Mindy dan Kate bahkan harus menunggu seharian namun baru ditemui keesokan harinya.

Bahkan ketika ditemui pun, Presiden yang memiliki pembisik adiknya sendiri Jason Orlean (Jonah Hill), menganggap sepele penemuan dari Kate itu. Keduanya muntab dan memilih untuk menyiarkan penemuan tersebut di televisi.

Di media, nasib mereka berdua sama saja. Bahkan kali ini nasib lebih buruk menimpa Kate karena merasa kesal terhadap media yang tak menganggap persoalan komet yang akan menabrak bumi sebagai persoalan serius. Kate di-bully di internet.

Pada saat yang sama, Presiden sedang memilih Ketua MA. Namun Presiden ternyata memiliki skandal cinta dengan Ketua MA. Namanya memburuk di mata publik. Dan secara politik ia dirugikan.

Nah, untuk mengembalikan citra dirinya di mata publik, maka dibuatlah temuan Mindy dan Kate tadi sebagai suatu hal yang serius. Pemerintah nantinya dianggap pahlawan karena berupaya menyelamatkan bumi dari kehancuran akibat tabrakan dengan komet.

Apa yang terjadi selanjutnya? Ya, lebih baik Anda menontonnya sendiri di Netflix.

Ulasan Don’t Look Up

Serius, film ini memang mengejutkan. Buat Anda para penggemar film sains-ilmiah antariksa, rasanya bakal kurang suka dengan film ini. Karena film ini sejatinya tidak memiliki tema itu. Tema besarnya justru lebih tepat tentang politik.

Adam hanya memotret sebuah pengandaian. Yakni seandainya ada sebuah komet besar meluncur ke bumi dan akan menyebabkan kerusakan fatal, maka kira-kira begitulah sikap para pemimpinnya. Soal benar atau salah namanya juga pengandaian.

Namun saya tentu saja lebih percaya dengan yang terjadi di Don’t Look Up dibandingkan dengan Armageddon atau film lain. Meski bisa jadi penyikapannya sama saja, namun proses dibalik pengiriman astronot penyelamat itu sepertinya bakal lebih mirip di Don’t Look Up.

Alur cerita yang segar dan mengejutkan itu ditambah lagi dengan kualitas akting yang tak diragukan lagi dari nama-nama besar yang terpampang. Misalnya betapa cemerlangnya Leonardo dalam memerankan seorang profesor yang kadang-kadang mengalami masalah gugup dalam mengutarakan pendapat.

Jennifer Lawrence yang memerankan kandidat doktor yang kadang-kadang emosional juga menawan sekali. Tak ketinggalan Jonah Hill yang menjadi staf presiden yang tanpa perasaan dan menyebalkan. Dan masih banyak lagi.

Semuanya diramu oleh Adam McKay dalam simfoni Don’t Look Up yang cerdas, menyegarkan, dan memang lebih banyak humor gelapnya.

Buat saya film ini layak ditonton. Namun buat Anda yang mengharapkan sebuah tema besar tentang sains-fiksi antariksa, ya mohon maaf sepertinya bakal kecewa.

Ulasan dan Sinopsis DON’T LOOK UP: Ketika Prediksi Kiamat Dibalut Pragmatisme Politik