Rini Novita Sari
Rini Novita Sarihttps://besoklusa.com
Blogger dan content writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Punya rambut panjang yang tergerai sempurna kerap didambakan oleh banyak perempuan. Namun sebagian besar dari mereka justru takut kecewa karena rambut panjang bak bintang iklan shampoo biasanya memiliki masalah pada perawatan. Ya, sebagian dari mereka tidak mengetahui cara merawat rambut panjang.

cara merawat rambut panjang

Apalagi sebagian perempuan Indonesia memilih memakai jilbab, sehingga tetap membiarkan rambut tumbuh semakin panjang merupakan tantangan tersendiri. Sehingga sebagian besar lebih memilih memangkas rambutnya atau membiarkan rambutnya tumbuh apa adanya. Kusut dan kusam.

Untuk itulah pada artikel kali ini, marilah mengulang kembali cara merawat rambut panjang agar tergerai sempurna. Silakan disimak satu-persatu tips berikut, dan lebih baik lagi dipraktikkan.

1. Biarkan rambut Anda mengering dengan sendirinya

Kebiasaan memburu waktu memang sudah lazim dilakukan perempuan masa kini. Mereka yang bekerja dan kantornya cukup jauh dari rumah membuat aktivitas di pagi hari seperti dikejar sesuatu. Hal ini membuat nyaris tak ada waktu untuk menunggu rambut kering secara alami. Maka dipakailan hair dyer.

Kebiasaan memakai hair dyer ini menjadi salah satu biang keladi mengapa rambut kering dan pecah-pecah serta tumbuh tidak bagus. Oleh karenanya biarkan rambut kering dengan sendirinya. Namun sekali lagi, hal ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang betul-betul punya waktu setelah melakukan keramas.

Sebagai jalan keluar, Anda bisa menggunakan hembusan kipas angin. Atau jika memang betul-betul terpaksa Anda tetap bisa menggunakan hair dyer namun hembusannya jangan terlalu dekat dan pakailah pengaturan yang paling dingin. Rambut Anda jangan sampai terkena hawa panas yang dihembuskan dari alat pengering ini.

2. Biarkan Rambut Anda dengan Sentuhan Alami

Semakin sedikit yang Anda lakukan pada rambut Anda, maka rambut Anda bakal semakin baik. Tadi Anda sudah mengetahui kalau pemakaian pengering rambut bisa membuat rambut rusak. Sekarang hindari juga alat pengeriting rambut, pelurus rambut, maupun sikat udara panas. Alat-alat tersebut juga dapat merusak rambut jika dipakai dalam jangka panjang.

Jadi cobalah mencari cara lain untuk mendapatkan tampilan yang Anda inginkan. Rol dan batang gelombang dapat meningkatkan volume, gelombang, atau ikal rambut Anda, sementara rambut lurus dapat diperkuat dengan masker rambut dan produk penghalus. Kedua hal tersebut merupakan cara yang alami dalam memberi sentuhan pada rambut Anda.

Jika Anda benar-benar tidak bisa berpisah dengan produk penata rambut elektrik atau yang dipanaskan, belilah pelindung panas yang akan membantu meminimalkan kerusakan pada rambut Anda.

3. Perhatikan juga Kulit Kepala

Perawatan rambut dimulai dari akar, dan masalah pada kulit kepala Anda dapat menyebabkan gatal, kekeringan, dan ketombe. Ketiga gangguan pada kulit kepala itu tentu bukan kombinasi ideal untuk rambut panjang dan tampak sehat.

Rawatlah kulit kepada Anda sejalan dengan perawatan terhadap rambut Anda. Hati-hati juga dalam menyisir. Jangan sampai sisiran tersebut menyakiti kulit kepala. Aturlah gerakan sisir tersebut dari bawah hingga ke atas, sehingga tidak ada akar rambut yang tertarik dan kulit kepala yang sakit.

Ketika memakai sampo, pijat-pijatlah kulit kepala Anda alih-alih hanya menggosok bagian rambut saja.

Yang terakhir, Anda harus melindungi kulit kepala dari sinar matahari dengan menggunakan topi atau tabir surya. Jika bisa gunakan saja keduanya, karena sinar UV dapat merusak kulit kepala dan rambut itu sendiri. Jika Anda ingin melindungi kulit kepala tetapi khawatir tabir surya membuat rambut Anda tampak berminyak, carilah formula atau produk yang diformulasikan khusus untuk perawatan kulit kepala.

4. Pakailah Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Rambut

Agar rambut Anda berfungsi dan tumbuh dengan baik, vitamin dan mineral adalah kuncinya. Dan patut diingat pula, diet Anda juga dapat memengaruhi kesehatan rambut Anda. Kekurangan zat besi, seng, dan berbagai vitamin dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Jadi jika Anda ingin menjaga agar rambut Anda tergerai sempurna dan indah sebagaimana mestinya, ikuti diet yang sehat. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang suplemen, jika Anda merasa perlu untuk meningkatkan asupan nutrisi.

5. Hindari Gaya Rambut yang Memberi Tekanan pada Rambut Anda

Seberapa pun panjangnya rambut Anda, jika terus-menerus ditarik maka setiap helainya bisa patah dan rontok. Jika tarikan dan kerusakan ini terus berlanjut, pada gilirannya dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen di beberapa tempat. Ini disebut traksi alopecia, dan siapa pun yang menata rambutnya dengan gaya ditarik kencang dapat mengembangkannya.

Kuncir kuda, sanggul, kepang, dan rambut jagung yang ketat dapat memberikan banyak tekanan pada rambut Anda. Sehingga cobalah untuk melonggarkannya kapan pun Anda bisa. American Academy of Dermatology merekomendasikan ikatan rambut yang lebih longgar, dan mengubah gaya rambut Anda setiap dua hingga tiga bulan untuk membantu mencegah rambut rontok.

6. Sikat Rambut Anda Sebelum Tidur

Anda tentu tahu kalau setiap jengkal tubuh memiliki potensi untuk dihinggapi kotoran. Begitu juga rambut. Maka Anda harus membiasakan untuk menyikat rambut sebelum tidur.

Kebiasaan ini memiliki manfaat agar rambut yang seharian terpapar debu, kotoran, dan mungkin juga keringat dari kulit kepala bisa sedikit bersih. Jangan lupa juga pergunakan sikat yang bagus, halus, dan tentu saja bersih.

7. Rawatlah Rambut Anda Juga Ketika Anda tidur

Saat Anda bergerak di atas bantal saat tertidur, rambut Anda bisa menjadi kusut akibat gesekan pada sarung bantal. Beberapa orang suka menggunakan sarung bantal sutra untuk membantu mengatasi hal ini, tetapi Anda juga bisa mengikat rambut Anda dengan kepang longgar untuk mengurangi penataan rambut di pagi hari.

8. Dapatkan Perawatan dari Profesional Secara Teratur

Anda mungkin sudah mahir dalam merawat rambut. Namun satu waktu, Anda pasti membutuhkan sentuhan dari para profesional di bidangnya. Maka sempatkanlah waktu dan biaya Anda untuk pergi ke salon perawatan rambut.

Pergi ke salon memang tidak serta merta membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat, namun tentu mereka bisa mendiagnosa apa yang sedang terjadi dan bisa memberikan nasehat-nasehat yang bisa Anda lakukan dalam merawat rambut.

Cara Merawat Rambut Panjang Agar Tergerai Sempurna